Kupang (ANTARA News) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Timur Abraham Klakik mengatakan, Sail Indonesia selama Juli hingga September 2011 akan menyumbang daerah itu pendapatan hingga Rp22,5 miliar.

Abraham mengatakan angkasebesar itu dihitung dari jumlah kebutuhan dan aktivitas yang akan dilakukan peserta selama berada di wilayah NTT.

Jumlah peserta Sail Indonesia Wakatobi-Belitong adalah 109 kapal dengan jumlah awak 456 orang, sedangkan yang akan berkegiatan di wilayah NTT sebanyak 82 kapal dan 328 orang.

Dai menerangkan, jika dkalkulasi, untuk sehari, setiap orang mengeluarkan uang Rp1 juta dikalikan dengan 328 dikalikan lagi dengan 35 hari, hasilnya bisa mencapai Rp22,5 miliar.

Sail Indonesia bisa memberikan dampak luas, selain merangsang wisatawan untuk mengenal lebih dekat obyek wisata di NTT, juga mendorong perekonomian masyarakat NTT.

Dia menyebut ada sekitar 11 titik daerah yang akan disinggahi peserta, yaitu Kupang, Alor, Lembata, Maumere, Ende, Riung, Roten Ndao, Sabu, Sumba Timur, Sumba Tengah dan Labuan Bajo di ujung Barat Pulau Flores.(*)

ANT/R007

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011