Beirut (ANTARA) - Kementerian Kebudayaan Lebanon pada Minggu (6/2) menyerahkan 337 artefak kuno ke Irak yang telah dipajang di sebuah museum swasta Lebanon selama bertahun-tahun, seperti dilaporkan National News Agency (NNA).
 
Wartawan memotret artefak Bangsa Sumeria yang diserahkan kepada Kedutaan Besar Irak di Lebanon di Museum Nasional Beirut di Beirut pada 6 Februari 2022. (Xinhua/Bilal Jawich)Artefak Bangsa Sumeria diserahkan ke Kedutaan Besar Irak di Lebanon di Museum Nasional Beirut di Beirut pada 6 Februari 2022. (Xinhua/Bilal Jawich)


Menteri Kebudayaan Lebanon Mohammad Mortada mengembalikan barang-barang antik tersebut, termasuk beberapa tablet tanah liat, kepada Duta Besar Irak untuk Lebanon Haider Shyaa Al-Barrak dalam sebuah upacara yang diadakan di Museum Nasional Beirut, papar NNA.
 
Artefak Bangsa Sumeria diserahkan ke Kedutaan Besar Irak di Lebanon di Museum Nasional Beirut di Beirut pada 6 Februari 2022. (Xinhua/Bilal Jawich)Artefak Bangsa Sumeria diserahkan kepada Kedutaan Besar Irak di Lebanon di Museum Nasional Beirut di Beirut pada 6 Februari 2022. (Xinhua/Bilal Jawich)


"Kami merayakan penyerahan 337 artefak dari era peradaban yang berbeda di Mesopotamia," kata Al-Barrak dalam upacara tersebut.
 
Artefak Bangsa Sumeria diserahkan kepada Kedutaan Besar Irak di Lebanon di Museum Nasional Beirut di Beirut pada 6 Februari 2022. (Xinhua/Bilal Jawich


Banyak barang antik Irak diselundupkan ke luar negeri selama beberapa dekade perang yang melanda negara itu.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022