Kendari (ANTARA News) - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan, Maharani Soekarno Putri menyatakan memenangkan Pemilihan Presiden (Pilres) atau Pemilihan Umum tahun 2014, tidak mesti menggunakan banyak logistik, tapi bisa dengan semangat kegotongroyongan.

Puan Maharani menyampaikan pernyataan tersebut saat memberi sambutan kada rapat koordinasi bidang politik dan antar lembaga DPD PDIP Sultra, di Kendari, Selasa.

"Kalau menang Pilpres atau Pemilu harus pakai logistik, maka PDIP akan kalah karena tidak mungkin bisa melawan kekuatan logistik dari Partai Demokrat atau Partai Golkar," katanya.

Namun dengan semangat kegotongroyongan yang sudah menjadi ideologi PDIP kata Puan, memenangkan Pilpres atau Pemilu 2014 bukan perkara sulit.

"Seberat apa pun beban yang akan dipikul, jika dipikul secara bersama-sama atau gotong royong, maka beban itu akan terasa ringan," kata putri dari mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri itu.

Oleh karena itu tegas Puan, mulai saat ini seluruh kader, simpatisan dan jajaran pengurus mulai dari tingkat Ranting di desa/kelurahan, PAC di tingkat Kecamatan hingga tingkat DPP, harus bersatu padu memikirkan perkembangan dan kemajuan partai, terutama dalam menghadapi Pilpres dan Pemilu legislatif 2014.

"Sifat selalu memikirkan kepentingan sendiri atau berambisi mengejar jabatan, apalagi saling sikut di jajaran pengurus agar ditinggalkan karena hal yang demikian itu hanya akan mengkerdilkan partai," katanya.

PDIP jelas Puan sudah punya pengalaman pahit dengan semua itu, ketika PDIP tampil sebagai pemenang Pemilu pada 1999 dan Ketua Umumnya, Megawati Soekarnoputri jadi wakil presiden dan akhirnya jadi presiden.

Saat itu kata dia, seluruh jajaran pengurus mulai dari tingkat DPP hingga ke kabupaten sibuk mengejar jabatan dan kekuasaan demi memuaskan ambisi pribadi.

Akibat perilaku itu ujar Puan, maka pada Pilpres dan Pemilu 2004, PDIP kalah dari partai lain yang bukan penguasa saat itu.

"Belajar dari pengalaman itu, mari kita kembali ke ideologi perjuangan partai, mengembangkan semangat kegotongroyongan, sehingga bisa memenangkan Pilpres maupun Pemilu legislatif," katanya.

(ANT-227)



Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011