Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat melaksanakan persiapan akhir kegiatan pengamanan Tes Pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

Persiapan akhir tersebut dengan menggelar apel pasukan gabungan sebanyak 1.630 personel yang terdiri atas TNI, Polri, pemerintah, dan otoritas keamanan lainnya, di Lapangan Bhara Daksa, Polda NTB, Selasa.

"Jadi langkah-langkah atau tahapan dari persiapan pengamanan Tes Pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, sudah kita laksanakan semua, mulai dari latihan praoperasi, TFG (Tactical Floor Game), dan ini yang terakhir, gelar pasukan," kata Wakil Kepala Polda NTB Brigadir Jenderal Polisi Ruslan Aspan usai memimpin apel gelar pasukan.

Baca juga: Ratusan aparat pengamanan tes pramusim MotoGP jalani swab PCR

Pada tahap latihan praoperasi sebelumnya, Polda NTB bersama seluruh pihak yang terlibat dalam hal pengamanan telah menyamakan persepsi untuk kegiatan di lapangan. Penguatan peran dan tugas masing-masing pihak sudah dipastikan dalam kegiatan simulasi pengamanan TFG.

"Jadi TFG yang Senin (7/2) kemarin itu kami gelar dalam rangka memahami tugas yang akan dilakukan pada saat pengamanan tes pramusim," ujar dia.

Dalam kegiatan tersebut turut dibahas perihal sistem pengamanan di lima koridor masuk Pulau Lombok, yakni di empat pelabuhan dan satu bandara.

Baca juga: Brimob Polda NTB pastikan kesiapan pengamanan tes pra musim MotoGP
Baca juga: Polda NTB atensi keamanan pendistribusian logistik MotoGP 2022


"Termasuk jalur-jalur yang akan dilalui oleh para pebalap, kru, dan tamu undangan, itu semua sudah dibahas, termasuk pengamanan hotel-hotel tempat mereka menginap," ucapnya.

Karena itu, dengan rampungnya seluruh tahapan persiapan ini, Ruslan memastikan bahwa Polda NTB dan seluruh pihak keamanan yang terlibat sudah siap memberikan pengamanan Tes Pramusim MotoGP 2022 secara tepat.

"Kami berharap adanya dukungan dan doa masyarakat, semoga dengan upaya yang sudah kami laksanakan in, pergelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika bisa berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022