Palembang (ANTARA News) - Kesejahteraan perempuan saat ini masih rendah bila dibanding dengan laki-laki yang salah satu penyebabnya karena faktor kemiskinan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amelia Sari saat berbicara dalam rapat koordinasi Gubernur se-Sumatera di Palembang, Kamis mengatakan bahwa kemiskinan itu ditunjukan presentase jumlah penduduk miskin masih cukup tinggi.

Menurut dia, oleh karena itu kemiskinan harus ditanggulangi bersama supaya kesejahteraan akan semakin merata dan meningkat.

Hal ini karena kemiskinan dampaknya cukup luas seperti dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia hingga penguasaan teknologi, kata dia pula.

Memang, kata Menteri Linda, masalah kemiskinan, pendidikan dan kesetaraan gender harus ditanggulangi bersama.

Namun, lanjut dia, pencapaian target tersebut memerlukan banyak program kegiatan baik dibidang ekonomi, pembangunan fisik maupun sosial serta sumber daya manusia.

Dalam kesempatan itu dia mengatakan, bila melihat perencanaan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia maka investasi pemerintah perlu dilakukan di wilayah Sumatera sebagai penopang ekonomi nasional.

Hal itu tentunya dapat mempercepat penanggulan kemiskinan karena mengurangi pengangguran, kata menteri.

Sehubungan itu dalam pelaksanaan pembangunan peran masyarakat untuk berpartisipasi disetiap aspek kehidupan sangat diperlukan, ujar dia.

Melalui rapat koordinasi ini dia juga mengusulkan agar semua kegiatan kerja sama se-Sumatera melibatkan semua pihak baik laki-laki maupun perempuan, ujar dia.

Kerja sama itu diharapkan dapat menambah percepatan pembangunan dalam menambah kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat termasuk perempuan, tambah dia. (U005)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011