Demak (ANTARA) - Penyedia jasa becak wisata yang tergabung dalam paguyuban becak wisata religi di Kabupaten Demak, Selasa, mendeklarasikan dukungannya kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk maju sebagai bakal calon presiden pada Pilpres 2024.

Dukungan untuk Cak Imin itu dideklarasikan para penyedia jasa becak wisata di depan Masjid Agung Demak, Jawa Tengah, ketika Cak Imin hendak berziarah ke Makam Raden Patah, Selasa.

Ketua Paguyuban Becak Wisata Religi Demak Suwito menyampaikan alasannya memberikan dukungan kepada Cak Imin karena selama ini memang dekat dengan rakyat kecil, terutama para penarik becak wisata.

"Ketika ada permasalahan, keluhan disampaikan kepadanya. Untuk itu, ketika menyatakan siap maju di Pilpres 2024, saya bersama kawan-kawan mendukungnya," ujar Suwito.

Pada kesempatan tersebut, dia juga menyampaikan keinginan para penyedia jasa becak wisata agar modifikasi becak dengan mesin pembuat tepung dilegalkan karena mayoritas penarik becak sudah cukup tua sehingga tidak kuat lagi mengayuh untuk jarak yang jauh.

Apalagi, kata dia, mesin yang digunakan tersebut juga berkecepatan rendah sehingga keselamatan penumpang tetap terjamin.

Ketika benar-benar jadi presiden, dia berharap Cak Imin peduli terhadap masyarakat kecil, terutama penyedia jasa becak wisata dengan pemasukan yang sangat minim karena mengandalkan wisatawan yang berziarah ke Kota Wali.

Dukungan juga disampaikan para pedagang di Pasar Bintoro Demak setelah Cak Imin menyempatkan diri menyapa mereka.

Luluk, pedagang buah di Pasar Bintoro, menyatakan siap mendukung Cak Imin sebagai bakal calon presiden sepanjang bisa memenuhi keinginan para pedagang.

Ia lantas menyebutkan sejumlah keinginan mereka, di antaranya memastikan ketersediaan bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat dan harga jualnya juga stabil, menata pasar tradisional, terutama Pasar Bintoro, agar lebih baik lagi dengan menertibkan pedagang liar di sekitar pasar.

"Jika sudah jadi presiden, kami harapkan jujur dan amanah serta lebih mementingkan kepentingan rakyat kecil agar makin sejahtera," ujarnya.

Kunjungan Cak Imin di Demak, di antaranya menemui para pendukungnya di Rumah Makan Bakso Semar, Desa Wonokerto, Kecamatan Karangtengah.

Selanjutnya, berziarah ke Makam Raden Patah dan Sunan Kalijaga serta bersilaturahmi dengan para kiai.

Baca juga: Cak Imin: Kepastian PKB berkoalisi dengan partai lain tunggu awal 2023

Baca juga: Asosiasi Peternak Kambing DIY dukung Gus Muhaimin maju Capres 2024

Baca juga: Petani Kabupaten Kediri dukung Muhaimin Iskandar Capres 2024

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022