Yerusalem (ANTARA News) - Shulamit Shamir, istri mantan perdana menteri Yitzhak Shamir, meninggal dunia Jumat pada usia 88 tahun, kata kantor perdana menteri.

"Perdana Menteri Benyamin Netanyahu dan istrinya Sara berkabung atas kematiannya," katanya dalam sebuah pernyataan, tanpa memberitahukan penyebabnya, lapor AFP.

"Dia berada di sisinya sejak masa mudanya dalam gerakan Lehi dan dalam barisannya berperang memperjuangkan kemerdekaan dan keamanan Israel," katanya.

Shulamit Shamir, yang lahir di Bulgaria, bertemu Shamir ketika dia menjadi kurir baginya di masanya sebagai seorang pemimpin senior kelompok militan Lehi kanan jauh yang memerangi Inggris sebelum berdirinya Israel pada 1948.

Sebagai kepala blok sayap kanan Likud, yang Netanyahu sekarang pimpin, Yitzhak Shamir menjabat sebagai perdana menteri mulai 1983 hingga 1984 dan dari 1986 hingga 1992.

Shulamit Shamir selama hidupnya didampingi dua anaknya, sementara suaminya, kini berusia 95 tahun, telah menarik diri dari kehidupan publik selama dasa warsa silam, dibungkam penyakit Alzheimer. (ANT/K004)

Penerjemah:
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011