Jayapura (ANTARA News) - Pemain belakang Tim Sepak Bola Persipura Jayapura, Richardo Salampessy, optimistis tim yang dibelanya itu bisa lolos ke babak semifinal Asian Football Confederation (AFC).

"Keberhasilan kami menjuarai kompetisi Liga Super Indonesia(LSI) musim ini menjadi modal berharga untuk berlaga di babak delapan besar AFC, September 2011. Saya yakin kami bisa melewati fase perdelapan final dan lolos ke empat besar," kata Richardo Salampessy, Senin.

Menurut pemain yang baru saja memperkuat Tim Nasional Indoensia saat mengalahkan Turkmenistan pekan lalu (28/7), gelar juara LSI yang diraih Persipura musim ini akan menjadi motivasi tersendiri bagi tim asuhan Jacksen F Tiago itu untuk membuktikan diri bahwa mereka bisa berprestasi di level Asia.

"Saya yakin kami bisa berbicara banyak di AFC. Sejauh ini kami telah melaju hingga babak perempat final, jadi kami akan berjuang semaksimal mungkin agar bisa ke babak berikutnya," terangnya.

Dikatakan Richardo Salampessy, sejauh ini para pemain Persipura memang belum tahu seperti apa kekuatan lawan yang akan mereka hadapi. Namun ia yakin pelatih Jacksen F Tiago sudah punya catatan mengenai kelebihan dan kekurangan tim lawan.

"Saya yakin pelatih pasti sudah tahu akan hal itu. Setelah undian babak delapan besar dilakukan, tentu pelatih sudah mulai mencari tahu seperti apa lawan yang akan kami hadapi nanti," ujarnya.

Meski masih buta akan kekuatan lawan, Ricardo Salampessy yang juga mantan pemain Pra PON Papua 2004 itu yakin dengan materi pemain yang ada saat ini Persipura bisa meraih hasil positif.

"Saya tidak ragu akan kemampuan tim kami. Karena selama ini kami selalu bisa lewati masa-masa sulit secara bersama-sama. Kekompakan dan kekeluargaan yang ada dalam Tim Persipura, membuat kami selalu bisa mengatasi setiap rintangan yang ada," tuturnya.

Pada babak delapan AFC yang akan digelar September mendatang, lawan yang akan dihadapi Persipura adalah tim asal Irak, Arbil Sport Club.

Di laga perdana, 13 September, Boaz Solossa dkk akan bermain sebagai tuan rumah. Selanjutnya, 27 September giliran tim berjuluk "Mutiara Hitam" yang bertandang ke kandang Arbil SC.

(KR-MBK/F002)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011