Jakarta (ANTARA News)- PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) dan PT TransNusa Air Services (TransNusa) menjalin kerja sama strategis menyediakan layanan Cash Management Solution `BII CoOLPAY` bagi TransNusa dan rekanan biro perjalanan (travel agent).

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Direktur BII, Stephen Liestyo dan Direktur TransNusa Alain Niti Susanto di Denpasar.

Stephen Liestyo dalam keterangan pers di Jakarta, Senin mengatakan, melalui kerja sama di bidang Cash Management, mitra travel agent TransNusa dapat melakukan pembayaran tiket TransNusa secara online dan cepat melalui BII CoOLPAY yang merupakan solusi Payment Gateway berbasis internet.

Kerja sama ini ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi mitra travel agent TransNusa dalam melakukan pembayaran tiket.

Dalam kerja sama ini, TransNusa juga dapat langsung memantau pembayaran tiket pesawat dari para travel agent serta menerima laporan transaksi secara online dan realtime, tuturnya.

"Dengan solusi BII CoOLPAY, mitra travel agent TransNusa dapat lebih mudah melakukan pembayaran tiket tanpa harus datang ke bank. Bahkan proses bisnis antara TransNusa dengan mitra travel agent-nya juga akan menjadi lebih cepat, dan efisien," tambahnya.

Kerja sama program ini akan dapat diakses kapan saja dan di mana saja, para travel agent juga dapat melakukan pembayaran `top up` system secara otomatis.

Hal ini akan meningkatkan efisiensi dan peningkatan layanan yang signifikan kepada mitra travel agent karena nilai top up akan ter-update secara cepat dan aman.

Sebelumnya proses top up dilakukan secara manual dan wajib disertai dokumen pendukung serta memakan

waktu lebih dari satu hari. Apalagi kadang-kadang top up dilakukan di luar jam kantor dan hari libur, katanya.

Sementara itu Direktur TransNusa Alain Niti Susanto mengatakan, BII CoOLPAY memudahkan proses administrasi terutama dalam pencatatan administrasi dan pembukuan sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyiapkan laporan dan lain-lain.

Agen juga dapat melakukan top up setiap waktu sehingga tidak mengganggu aktivitas penjualan tiket," tambahnya.

Kerja sama ini juga merupakan salah satu upaya BII dalam mendukung pengembangan usaha mitra BII di wilayah Indonesia Timur khususnya industri transportasi dan pariwisata, yang pada akhirnya diharapkan juga dapat menggerakkan roda perekonomian di Indonesia Timur.

Pengembangan fasilitas BII CoOLPAY sejalan dengan program transformasi di BII yang saat ini memasuki fase pengembangan produk unggulan dengan memperkuat basic fundamental, dimana BII akan terus mengembangkan dan memasarkan produk-produk dan layanan unggulan kepada masyarakat, termasuk Cash Management.

PT. TransNusa Air Services (TransNusa) adalah perusahaan manajemen penerbangan berkembang, yang menyediakan jasa transportasi udara, melalui kerja sama dengan beberapa operator penerbangan, untuk menghubungkan beberapa tujuan di Bali and Nusa Tenggara. (CS)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011