Jakarta (ANTARA News) Kedutaan Besar Republik Islam Iran dengan PP Pemuda Muhammadiyah menggelar "Festival Seni Budaya Al-Quran" yang berlangsung mulai Senin (1/8) di Jakarta.

"Islam sangat banyak memiliki seni yang indah dan harus dikembangkan tiap tahunnya. Dan itu membutuhkan peran kita semua", kata Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Dr. Saleh Daulay.

Dalam acara pembukaan tersebut hadir Duta Besar Republik Islam Iran, Dr.Mahmoud Farazandeh. Ia mengatakan seni budaya salah satu cara menunjukkan kekuasaan Tuhan.

"Ini merupakan bentuk kerjasama yang baru antara Indonesia dengan Iran dan berharap kedepannya bisa berkerjasama dalam bidang yang lain", ujarnya.

Festival Seni Budaya Al-Quran berlangsung 1-3 Agustus 2011 di Masjid Raya Al-Isra Jakarta. Selain pemeran kaligrafi dan kesenian Al-Quran acara ini juga diisi pertujukkan nasyid, haflatul qari dan pameran buku Islami dari kedua negara.

Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan yang juga hadir dalam festival mengungkapkan pentingnya kaum muslim saat ini berkembang dalam bidang seni dan isu-isu lain yang sedang berkembang sebagai upaya mendorong pemuda Islam agar lebih aktif.

"Negara kita perlu banyak belajar dari Iran sebagai negara yang memiliki umur jauh lebih panjang mengenai seni budaya Islam", demikian ujarnya.



(M-NYS)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2011