Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI Gayus Lumbuun menyambut baik mundurnya Ketua KPK Busyro Muqodda dan Haryono Umar dari Komite Etik KPK.

"Saya apresiasi Busyro Muqoddas mundur dari Komite Etik KPK," kata Gayus Lumbuun di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Calon Hakim Agung itu menambahkan dengan masuknya Syafii Maarif dan Nono Anwar Makarim menggantikan Busyro dan Haryono Umar, akan semakin menambah kepercayaan masyarakat terhadap KPK.

"Kepengurusan Komite Etik yang baru akan menambah kepercayaan publik terhadap KPK sebab ada tokoh-tokoh yang sangat independen seperti Syafii Maarif. Mereka tidak anti kritik," katanya.

Anggota Komite Etik KPK terdiri dari tujuh orang. Tiga diantaranya berasal dari jajaran KPK yakni Bibit Samad Riyanto, Said Zainal Abidin, Abdulah Hehamua. Sedangkan dari unsur eksternal yakni Ahmad Syafii Maarif, Nono Anwar Makarim, Harjono Reksodiputro dan Syafrudin Rosul.

Ketua Komite Etik Abdulah Hehamua mengungkapkan komite etik akan mengadakan rapat perdana pada Kamis 4 Agustus 2011. Agenda rapat perdana itu yakni mengidentifikasi masalah. Komite etik akan menginventarisasi masalah dari luar, dalam, dan menyusun jadwal pemeriksaan

Rencananya, Komite Etik juga akan memeriksa nama-nama pimpinan KPK seperti Wakil Ketua KPK Chandra M Hamzah, Deputi Penindakan Ade Rahardja terkait pernyataan mantan Bendahara Umum PD Muhammad Nazaruddin yang menyebutkan adanya pertemuan mereka dengan Ketua Umum PD Anas Urbaningrum.
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2011