Denpasar (ANTARA News) - Pemerintah Kota Denpasar, Bali, mendukung pentas musik di tengah Sungai Badung yang membelah kota itu, guna meningkatkan kesadaran masyarakat memelihara lingkungan sekitar sungai.

Wali Kota Denpasar, IB Rai Mantra, mengatakan hal tersebut ketika menerima perwakilan Bedudu Muda Bali, di Denpasar, Selasa.

Rencananya pentas musik itu dijadwalkan akan dilaksanakan 14 Agustus 2011 yang diisi penyanyi setempat, Nanoe Biru. Selain untuk meningkatkan kesadaran, rencananya pula pentas itu juga bertujuan untuk memecahkan rekor MURI.

"Pentas musik di tengah sungai Badung tersebut adalah salah satu upaya dalam merangsang masyarakat agar peduli kebersihan lingkungan termasuk sungai. Saya mewanti-wanti jangan membuang sampah ke sungai bagi masyarakat yang berada tinggal dipinggiran kawasan tersebut," kata Rai Mantra.

Dia berharap upaya itu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, terutama kebersihan di wilayah sungai sehingga terbebas dari serbuan sampah dan limbah.

Menurut dia, upaya itu terkait rencana penilaian Adipura 2012 Tingkat Kota se-Indonesia. Karena saat ini penilaian tidak saja menyangkut kebersihan dan keindahan taman serta infrastruktur.

Akan tetapi sungai atau tukad pun ikut sebagai bagian penilaian utama, dengan cara tes kadar air di laboratorium untuk mengetahui tingkat pencemarannya.

"Saya harap kegiatan pentas seperti itu bisa dijadikan ajang tahunan dan tidak terpaku pada satu tempat saja," katanya kembali berharap.

Namun Rai Mantra berpesan kepada semua pihak untuk mengatasi persoalan kebersihan di sekitar sungai itu, sebab diperlukan kerja sama dan dukungan semua komponen masyarakat. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011