Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ganjar Pranowo mengatakan, pemerintah harus menjemput bola untuk menyelesaikan kasus di Papua setelah terjadinya bentrokan terkait Pilkada di Puncak Jaya.

"Pemerintah harus segera menyelesaikan masalah di Papua Barat sehingga persoalan tidak melebar ke mana-mana," kata Ganjar kepada antaranews.com di Jakarta, Rabu.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menambahkan, munculnya keinginan referendum oleh masyarakat Papua pasca-bentrokan tersebut, tentu bukan tanpa sebab. "Pilkada di Puncak Jaya hanya pemicu saja. Munculnya referendum oleh masyarakat Papua tentu ada penyebabnya, tentu ada argumennya" kata Ganjar.

Oleh karena itu, ia meminta pemerintah untuk mencari tahu penyebab keinginan dari masyarakat Papua tersebut.

"Pemerintah harus jemput bola, mencari tahu penyebab keinginan referendum itu agar tidak muncul dan bisa diselesaikan dengan baik," kata Ganjar.

Ganjar menambahkan, pemerintah juga harus membuka ruang dialog, membuka forum untuk masyarakat Papua agar bisa menyampaikan keinginan mereka.

"Komisi II DPR RI sendiri sampai saat ini masih ingin mendalami soal referendum tersebut. Komisi II DPR RI harus berhati-hati menyikapi hal tersebut," ungkap Ganjar.

Pada Minggu (31/7), terjadi bentrokan antar warga terkait Pilkada di Puncak Jaya Papua. Akibat bentrokan tersebut, sebanyak 17 warga tewas.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2011