Napoli (ANTARA News/AKI) - Italia bagian selatan adalah rumah bagi lebih dari 410.000 anak yang hidup dalam keadaan "sangat miskin". Jumlah itu mewakili sekitar 10 persen dari generasi muda di negara terkaya keempat di Eropa itu, kata organisasi Save the Children.

Dari 10,23 juta anak Italia yang berusia di bawah 18 tahun, hampir 4 juta orang tinggal di bagian selatan negara itu, tempat yang ditinggalkan oleh industri dan perusahaan penyedia lapangan kerja.

Kenyataan itu berbeda dengan bagian utara di mana produsen mobil Fiat atau Ferrari berlokasi.

"Situasi ini diperparah oleh sistem pendidikan terfragmentasi, eksploitasi pekerja anak, dan keterlibatan anak di bawah umur dalam jaringan kriminal. Juga pendanaan terbatas untuk program anak dan pelayanan pendidikan," kata  Ketua Save the Children Italia, Rafaella Milano.

Pendapatan ekonomi di Italia Selatan --dalam bahasa Italia Il Mezzogiorno, atau siang-- pada 2009 senilai 242 miliar euro. Perolehan itu jauh di bawah Italia bagian barat laut di mana Turin dan Milan dengan  pendapatan ekonomi sekitar 480 miliar euro, menurut lembaga statistik nasional ISTAT.

Pada tahun sama, menurut ISTAT, hampir 23 persen warga Italia bagian selatan miskin, dibandingkan lima persen warga Italia bagian utara.

"Saya tidak bisa hanya berdiam dan menonton, tahun demi tahun, melihat ketidaksetaraan hak-hak anak mencapai tingkat tidak dapat diterima lagi," kata Milano.  (A045)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011