Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Pathul Bahri menyatakan pemerintah daerah dan masyarakat siap mendukung kesuksesan ajang MotoGP Sirkuit Mandalika dengan memberikan pelayanan terbaik kepada tamu dan kru pebalap.

“Kalau ada hal yang kurang itu nanti perlahan-lahan kita sempurnakan,” katanya saat jumpa pers di Media Center Indonesia Mandalika tes pramusim MotoGP 2022 di Praya, Sabtu.

Ditunjuknya Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, katanya, menjadi kebanggaan masyarakat.

"Maka itu menjadi komitmen bersama antara seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Lombok Tengah menyukseskan MotoGP Mandalika. Keramahan harus kita kedepankan. Ini adalah cerminan Indonesia,” katanya.

Baca juga: Penyebab trek Mandalika kotor, MGPA tunggu hasil investigasi Dorna

Ia mengaku gelaran World Superbike (WSBK) dan Asia Talent Cup sebelumnya telah memberikan banyak pengalaman penting bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat. Dampak positif dirasakan di beberapa sektor, khususnya perekonomian.

"Misalnya keuntungan yang diraup para pelaku ekonomi. Salah satu usaha yang mendapatkan dampak positif itu adalah perhotelan," katanya.

Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) telah melaporkan bahwa rata-rata kamar hotel terisi 100 persen, saat kedua agenda internasional 2021 itu berlangsung. Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merasakan dampak positif gelaran-gelaran berskala internasional.

“Perputaran uang di WSBK itu juga mengalami lonjakan yang menggembirakan dan ini bisa menambah pendapatan daerah. Agenda besar itu akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya.

Baca juga: AP dan APS bersinergi sukseskan tes pramusim MotoGP 2022 di Mandalika

Sekitar 450 UMKM di Lombok Tengah terdampak positif dengan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika.

“Tidak terpikir oleh kami akan ada tamu yang kurang lebih sekitar 100 ribuan orang ke Lombok Tengah. Ini adalah peluang,” katanya.

Camat Pujut Lombok Tengah L. Sungkul mengaku masyarakat setempat secara ekonomi berkembang dengan adanya MotoGP 2022.

Oleh karena itu, seluruh elemen di Kecamatan Pujut bersama-sama menjamin keamanan dan kenyamanan tamu yang akan datang.

“Seluruh elemen menjamin itu. Aman dan tidak ada pelanggaran pelanggaran,” katanya

Baca juga: Telkomsel pastikan jaringan seluler Pramusim MotoGP Mandalika lancar
Baca juga: KSP: Pengembangan Mandalika tidak berhenti pada ajang MotoGP

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022