Washington (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Sabtu (12/2) mengadakan pembicaraan via telepon membahas situasi di Ukraina.

Dalam percakapan telepon tersebut, yang berlangsung selama sekitar satu jam, kedua pemimpin membicarakan situasi di Ukraina dan sejumlah isu keamanan terkait, menurut pernyataan Gedung Putih dan Kremlin.

Gedung Putih mengatakan Biden menyampaikan pernyataan tegas kepada Putin bahwa "meski Amerika Serikat tetap siap terlibat dalam diplomasi," mereka "juga siap untuk skenario lain."

Rusia belum menerima respons substantif dari AS mengenai jaminan keamanan, menurut laporan Sputnik, mengutip ajudan Kremlin Yuri Ushakov.

Rusia akan segera menyampaikan tanggapannya kepada AS dan NATO mengenai jaminan keamanan, kata Ushakov, seraya menambahkan bahwa kedua pemimpin sepakat untuk melanjutkan kontak.

Keterlibatan langsung antara AS dan Rusia hampir tidak menghasilkan kemajuan substansial. Kremlin mengatakan Gedung Putih gagal mengatasi masalah keamanan utamanya, sedangkan pemerintahan Biden berulang kali memperingatkan pemerintahan Putin tentang sanksi ekonomi yang berat jika mereka menyerang Ukraina.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022