Batam (ANTARA News) - Pada 2010, Singapura adalah investor terbesar di Indonesia dengan menginvestasikan 5 miliar dolar AS dan sekitar sepertiga diantaranya dibenamkan di Provinsi Kepulauan Riau, kata Wakil Menteri Luar Negeri Singapura, Masagoes Zulkifli.

"Kami selalu masuk dalam lima investor terbesar di Indonesia. Singapura juga merupakan mitra dagang terbesar bagi Kepri dan warga kami merupakan wisatawan mancanegara terbanyak ke provinsi ini," katanya dalam perhelatan Hari Kemerdekaan Singapura ke-46 yang dihadiri Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani di Batam semalam.

Sani lalu mengucapkan selamat memperingati Hari Kemerdekaan Singapura ke-46 dan sebaliknya Masagoes menyelamati pemerintah dan bangsa Indonesia yang pada 17 Agustus 2011 akan merayakan Hari Kemerdekaan ke-66.

Agustus adalah bulan istimewa bagi Singapura dan Indonesia karena merdeka di bulan yang sama, kata Masagoes.

Ia mengatakan hubungan istimewa Singapura dan Indonesia kini juga dapat dapat dilihat dari kerjasama pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) di Batam, Bintan dan Karimun.

Masagoes mengatakan dia telah sepakat dengan Gubernur Kepri untuk meningkatkan hubungan baik, sedangkan Sani mengharapkan hubungan baik itu ditingkatkan untuk mengembangkan pertanian dan perikanan laut di Kabupaten Natuna, Anambas dan Lingga. (*)



Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011