Bandarlampung (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung mencatat sebanyak 49 unit gardu listrik di daerah ini mengalami perusakan dan pencurian.

"Tercatat ada sebanyak 49 unit gardu listrik telah dirusak dan dicuri bagiannya oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tindakan perusakan gardu listrik seperti itu menimbulkan kerugian bagi masyarakat dan PLN," ujar Asisten Komunikasi dan Manajemen Stakeholder PLN UID Lampung Darma Saputra, di Bandarlampung, Senin.

Dia merincikan, 49 unit gardu yang mengalami perusakan tersebut sebanyak 26 unit gardu di wilayah kerja PLN UP3 Metro, dan 23 unit gardu di PLN UP3 Tanjungkarang.

"Aksi tidak terpuji itu telah terjadi sejak Desember 2021 hingga saat ini," katanya pula.

Ia mengatakan, peristiwa itu mulai marak ditemukan sejak Desember 2021 hingga saat ini, dan telah mengakibatkan kerugian.

"Atas adanya aksi tidak bertanggung jawab itu telah menimbulkan dampak seperti tegangan listrik menjadi naik (over voltage), sehingga merusak peralatan elektronik warga," katanya.

Ia melanjutkan, dampak lainnya adalah energi listrik PLN tidak terjual kepada masyarakat karena pemadaman yang ditimbulkannya.

"Pemadaman listrik memakan waktu yang cukup lama, karena PLN harus mengganti kabel yang sudah dicuri terlebih dahulu, ini tentu ini sangat merugikan," ujar dia lagi.

Menurutnya, atas adanya kejadian tersebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dan melaporkan kepada pihak kepolisian.

"Kami berharap pelaku perusakan dan pencurian gardu listrik dapat segera ditangkap, agar tidak ada lagi kejadian serupa yang dapat merugikan masyarakat," ujarnya pula.

Dia menjelaskan, bagi masyarakat yang mengalami pemadaman dan tegangan tidak stabil diharapkan dapat segera melaporkan keluhan tersebut kepada PLN melalui aplikasi PLN Mobile.

"Hal ini memang sudah sangat meresahkan, yang perlu dilakukan sebagai antisipasi pengamanan jika masyarakat merasakan tegangan listrik tidak stabil, segeralah mematikan MCB (Mini Circuit Breaker) agar tidak berdampak ke peralatan elektronik, kemudian laporkan melalui aplikasi PLN Mobile,” ujarnya lagi.
Baca juga: PLN bakal tambah pasokan listrik di sentra ikan asin Lampung
Baca juga: Erick Thohir tindaklanjuti kehadiran Bendungan Way Sekampung lewat PLN

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2022