Berlin (ANTARA News/AFP) - Juara bertahan Jerman Borussia Dortmund membuka musim baru dengan kemenangan mengesankan 3-1 atas Hamburg, Jumat, berkat gol dari dua bintang baru Jerman.

Gol pada kedua babak dari pemain tengah Kevin Grosskreutz, ditambah satu gol melalui usaha indivisudal dari anak "ajaib" berusia 19 tahun Mario Goetze, yang hampir tidak pernah salah langkah sepanjang pertandingan, memastikan ketiga poin.

Hamburg memberi tuan rumah sedikit ketegangan ketika pertandingan tinggal tersisa sekitar 10 menit ketika pemain tengah Robert Tesche mencetak gol sundulan sebagai penghiburan.

Namun setelah mendominasi liga sejak akhir Oktober, Dortmund memilih tempat mereka mengakhiri musim lalu yang dipadati penonton di Signal Iduna Park, Mei lalu --kemudian, sekarang, mereka bermain di hadapan sekitar 80.720 penonton.

"Kami bermain sangat baik. Kami sedikit mengurangi kecepatan pada babak akhir, tetapi banyak positifnya," kata pemain belakang Dortmund Mats Hummels.

"Kami menunjukkan kualitasi kami maju."

Karena Bayern Munich beraksi pada Minggu, ketika mereka menjamu Moenchengladbach, pemain-pemain muda Dortmund -- tim tersebut mempunyai rata-rata usia hanya 24,9 tahun -- tetap menjadi tim unggul di Jerman.

"Kami semata-mata bertemu dengan tim yang kelasnya lebih dari kami," kata kapten Hamburg Heiko Westermann mengakui.

Goetze telah dipanggil untuk bermain dalam pertandingan persahabatan internasional melawan Brazil di Stuttgart dan pertandingan tersebut jelas menunjukkan mengapa ia dipanggil.

Pemain tengah yang baru dikontrak Dortmund Ilkay Gundogan, yang juga masuk dalam tim Jerman, memulai debut pada liga dengan sederhana  setelah bergabung dari Nuremberg.

Tekanan awal tim juara bertahan itu terbayar ketika umpan rapi dari Goetze membuka peluang bagi Grosskreutz, dan pemain sayap kiri itu menusukkan tembakannya melewati kiper Hamburg Jaroslav Drobny pada menit ke-17.

Usaha pemain tengah Jepang Shinji Kagawa membentur gawang dan tembakannya melebar pada babak awal setelah menemukan banyak ruang dalam pertahanan Hamburg.

Dortmund membuat kedudukan menjadi 2-0 saat waktu kurang dari setengah jam ketika Goetze bekerja sama dengan rapi dengan striker asal Polandia Robert Lewandowski dan mengarahkan tendangannya melewati Drobny yang membuat tuan rumah mengendalikan pertandingan.

Grosskreutz memastikan tim juara bertahan itu mengawali musim baru dengan kemenangan ketika ia menusuk gawang setelah kemelut di mulut gawang pada menit ke-48.

Dari sudut, Goetze muncul lagi untuk bekerja sama dengan Kagawa dan ketika bola ke arah Grosskreutz, ia menembakkan ke gawang pada usaha keduanya.

Hamburg sedikit mengkhawatirkan tuan rumah ketika Tesche menyundul masuk bola pada menit ke-79 setelah usaha Kagawa sebelumnya berhasil disingkirkan dari garis gol.

(F005) (A011)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011