Jakarta (Antara News) - Kaspersky Lab, pengembang terkemuka konten keamanan meluncurkan Kaspersky Internet Security 2012 dan Kaspersky Anti-Virus 2012 dengan teknologi mutakhir "Sand Box".

Dengan Teknologi "Sand Box", pengguna akan diingatkan bila suatu link (tautan) memiliki ancaman atau yang mengarahkan pengguna ke situs-situs tipuan (phising).

"Sandbox adalah perlindungan yang paling canggih dan efektif dari Kaspersky saat ini," kata Jimmy Fong, Channel Sales Director for Kaspersky Lab SEA ketika menggelar jumpa pers  di Jakarta pada Jumat (5/8).  

Ketika pengguna mengaktifkan teknologi itu maka akan muncul garis  tipis berwarna hijau di pinggir layar komputer, hal itu menandakan komputer atau laptop anda sudah aman dan tidak akan ada virus, malware dan phising yang akan menyerang komputer.

Jika anda ingin mencari sesuatu artikel atau bahan di Internet misalnya Antara News, maka akan terlihat sekian banyak tautan mengenai Antara News. Teknologi "sand box" akan langsung mengindentifikasi dan memberitahu anda tautan-tautan mana saja yang aman dan berbahaya dengan penyertaan tanda logo Kaspersky di setiap tautan.

Jika logo di tautan itu berwarna hijau maka tautan itu aman anda gunakan, sebaliknya jika tautan itu berwarna merah maka tautan itu mengandung virus atau program jahat yang tidak boleh anda klik atau unduh.

"Perlindungan ini akan memberikan rasa aman dan tenang kepada anda ketika bermain komputer atau berselancar di Internet," kata Rio Yotto, IT Manager PT Nusantara Utama selaku distributor utama Kaspersky.

Perlindungan keamanan yang optimal sangat dibutuhkan pengguna komputer saat ini, menurut data Kaspersky Lab ada 2000 aplikasi komputer yang gampang diretas dan setiap harinya, ada 3500 malware yang menyerang komputer pengguna.

Hebatnya, Anti Virus Kaspersky 2012 mampu mendeteksi 1,7 juta jenis virus termasuk 70 ribu program jahat yang muncul tiap tahunnya. Kaspersky Lab juga merubah tampilan antar muka supaya lebih segar dengan sistem pengoperasian lebih mudah.

Komponen database anti virus itu akan selalu terupdate secara otomatis dan real time, model update juga disesuaikan dengan jenis Laptop dan desktop sehingga pengguna bisa menjalankan aplikasi lain ketika sedang mengupdate anti virus tersebut.

"Proses update anti virus sangat cepat, hanya di bawah enam menit, anda bisa main game-game berat ketika sedang mengupdate anti virus," kata Rio.

Satu lagi fitur unggulan anti virus Kaspersky 2012 yaitu fitur roll back, cara kerja fitur itu sama dengan sistem restore, yaitu anti virus tidak akan menghapus aplikasi yang terserang virus, malah fitur akan memperbaiki aplikasi tersebut.

(Adm/S026)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011