Dallas, Texas (ANTARA News/AFP) - Gebrakan David Villa pada babak pertama dan Seydou Keita pada menit ke-89 membuat juara Eropa Barcelona menang 2-0 atas klub Meksiko, America, pada pertandingan persahabatan yang berlangsung Sabtu.

Villa menjebol gawang lawan pada pertandingan keduanya pada menit ke-24 sedangkan Keita menyarangkan bola dari jarak dekat, ketika Barcelona mengakhiri tiga pertandingan tur Amerika Utara, setelah kalah 1-2 atas Manchester United dan 1-4 atas klub Meksiko, Chivas dari Guadalajara.

"Kami bermain sama (dengan melawan Chivas), tapi karena kami kalah, kami jadi amat mengkhawatirkan," kata pelatih Barcelona Pep Guardiola, "Sekarang, karena kami menang, kami merasa lega. Hari ini kami tampil dengan rasa percaya diri tinggi, tampil lebih baik."

Guardiola mengatakan, pengontrolan jalannya pertandingan di Stadion Cowboys bernilai milyar dolar itu-- merupakan markas dan lapangan milik Dallas NFL -- terasa berbeda setelah sebelumnya tampil di Miami, ketika Barca dikejutkan Guadalajara.

"Para pemain merasa kelembaban udara cukup tinggi," kata Guardiola, "Dengan cuaca yang lebih baik di sini, kami merasakan pertandingan lebih baik pula."

Setelah mengalami dua kali kekalahan, Guardiola menurunkan semua pemain intinya kendati klub raksasa Spanyol itu tidak diperkuat pemain yang dua kali terpilih sebagai pemain terbaik FIFA Lionel Messi, Daniel Alves, Javier Mascherano dan Alexis Sanchez.

Kendati para pemain kondang itu tidak ikut dalam tur itu, tetapi tim itu masih mampu mendatangkan 60.000 penonton ke stadion pertandingan.

Barcelona seperti biasa, mendemonstrasikan kontrol dan penguasaan bola akurat dan menciptakan beberapa peluang bagus, sebelum Adriano menundukkan bek kiri America Oscar Rojas dan memberi umpan kepada Villa, yang mengelabui pengawalnya dan menjebolkan bola ke gawang lawan.

"Pertandingan babak pertama cukup bagus," kata Guardiola.

Keita menggandakan gol timnya ketika mendapat bola dari pemain pengganti Gerard Deulofue yang meluncur di sayap kiri.

Kemenangan itu membuat Barcelona semakin percaya diri dalam menghadapi pertandingan Piala Super minggu depan melawan saingan berat mereka Real Madrid pada awal pertemuan mereka menjelang musim kompetisi mendatang.

America kembali ke Meksiko mengikuti kompetisi Liga Meksiko mulai Sabtu mendatang.

(A008)(A016)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011