Merak (ANTARA News) - Kapal Motor Penumpang (KMP) Bukit Samudera Perkasa (BSP) I yang terbakar pada Rabu malam Kamis (3/8) sudah mulai beroperasi dan masuk lintasan Merak - Bakauheni, Lampung hari ini.

"Hari ini kapal sudah mulai beroperasi dan masuk lintasan," kata Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, La Mane, Minggu.

Dia menjelaskan, pengoperasian BSP I setelah sebelumnya dari pihak Adminstrator Pelabuhan (Adpel) kelas I Banten melakukan pengecekan.

"Kalau sudah beroperasi dan masuk lintasan, berarti sudah dilakukan pengecekan oleh pihak Adpel, karena hari ini memang kapalnya sudah beroperasi dan sesuai prosedur, harus ada rekomendasi dari Adpel," katanya menambahkan.

Terpisah, Kepala Adpel kelas I Banten, Baptis Soegiharto menjelaskan, BSP I yang terbakar oleh kendaraan Elf saat hendak sandar di Dermaga I Pelabuhan Bakauheni, setelah bertolak dari Merak, Cilegon sudah beroperasi.

"Kapalnya sudah beroperasi dan diberikan rekomendasi untuk melayani penyeberangan di Merak - Bakauheni," kata Baptis.

Adpel kelas I Banten katanya, hanya melakukan pemeriksaan terhadap genset yang telah terbakar oleh kendaraan Elf.

"Kami sudah cek, sudah layak laut, dan kami tidak perlu mengeluarkan izin berlayar BSP I, karena izinnya masih berlaku," kata Baptis.(*)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011