Jakarta (ANTARA News) - Enam mobil kas penukaran uang dari empat bank, BNI, Bank Mandiri, Bank Jabar Banten dan Bank DKI serta dari Bank Indonesia Senin ini mulai beroperasi di Lapangan Parkir Tugu Monas Jakarta khusus untuk penukaran uang kecil.

"Kalau mobil kas BI sudah ada disini sejak tanggal 1 Agustus, tapi mulai hari ini bank-bank kita minta ikut membantu," kata Deputi Kepala Bagian Pengelolaan Uang Keluar Bank Indonesia Hikmah Rinaldi.

Bank BNI dalam kesempatan itu menyediakan dua mobil kas, sementara Bank Mandiri, Bank DKI dan Bank Jabar Banten serta mobil BI masing-masing satu mobil.

Tiga bank lain, BRI, BTN dan Bank Permata, lanjut Hikmah akan segera menyiapkan mobil kas mereka bergabung di lapangan parkir Monas Selasa besok. Sementara CIMB Niaga dan Bukopin masih belum memberikan tanggapan.

Kehadiran lima mobil kas itu, rupanya sudah diketahui ratusan masyarakat yang memang sudah menunggu, termasuk para "inang-inang" penjual uang pecahan kecil yang akan menjual kembali pecahan yang mereka tukar ke masyarakat yang membutuhkan untuk Lebaran.

"Kami harapkan kehadiran mobil-mobil kas dari sejumlah bank ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran. Daripada menukar di jalan dengan para inang-inang lebih baik ke sini. Penukaran tidak dikenai biaya," katanya.

Penukaran uang di Monas ini akan berlangsung setiap hari mulai pukul 10.00 - 13.00 WIB sampai tanggal 26 Agustus mendatang.

Selain di Monas, mobil kas Bank Indonesia juga berada di sejumlah pasar di Jakarta.

BI juga bekerjasama dengan PT KAI untuk penukaran uang kecil di lima stasiun di Jakarta, yaitu Stasiun Kota, Gambir, Tanah Abang, Senen dan Jatinegara.

Di lima stasiun itu, tersedia loket khusus untuk penukaran uang kecil bagi masyarakat yang membutuhkan. "Kami sediakan Rp100 juta untuk setiap stasiun itu setiap hari," katanya
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011