London (ANTARA News) - Unggulan kelima Chen Long dari China tersingkir dari kejuaraan dunia pada hari pertama, Senin, setelah dikalahkan oleh pemain tidak terkenal Kevin Cordon dari Guatemala.

Pada pertandingan yang berlangsung 74 menit tersebut, pemain peringkat 36 Cordon merebut kemenangan pada match-point keempatnya 21-19 8-21 27-25, lapor Reuters.

"Ini kemenangan terbesar dalam hidup saya sejauh ini," kata Cordon pada para wartawan. "Sejak Maret saya sudah berlatih di Spanyol dengan tim nasional, jadi itu sudah bagus."

Chen (22), yang juga sempat mendapat tiga kali match-point mengatakan," Saya tidak pernah berpikir akan kalah."

Unggulan teratas Lee Chong Wei mengawali perburuan gelar juara dunia pertamanya dengan kemenangan 21-15 21-17 atas pemain Thailand Tanongsak Saensomboonsuk.

Pemain nomor satu dunia asal Malaysia dipaksa bekerja keras oleh pemain Thailand yang pantang menyerah, yang merebut lima poin beruntun pada game kedua untuk unggul 11-8.

Tapi Chong Wei bisa mengambil kendali permainan lagi untuk lolos ke babak kedua.

"Saya tidak bermain sangat bagus dan melakukan beberapa kesalahan," katanya. "Itu kadang-kadang terjadi di babak pertama."

Mantan juara dunia dan Olimpiade Taufik Hidayat sempat diimbangi 6-6 pada game pertama oleh pemain Peru Rodrigo Pacheco Carrillo.

Pemain Indonesia itu kemudian unggul 15-7 sebelum meraih kemenangan 21-10, 21-14.

Juara bertahan Chen Jin mengalahkan pemain Estonia Raul Must 21-8 21-10.

Juara Olimpiade Lin Dan, yang sedang memburu gelar juara dunia keempatnya, menghadapi Kestutis Navickas pada pertandingan pertama dia pada Selasa (9/8). (I015/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011