Washington (ANTARA) - Inflasi utama telah bergerak di atas target bank sentral di sebagian besar ekonomi Kelompok 20 (G20), meskipun momentum pertumbuhan lebih lemah dan tetap menjadi "risiko yang signifikan," tetapi kenaikan harga akan moderat secara bertahap di sebagian besar ekonomi tahun ini, IMF mengatakan Rabu (16/2/2022).

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan inflasi "terus mengejutkan" terutama karena kenaikan harga komoditas dan pengiriman, berlanjutnya ketidaksesuaian dalam penawaran dan permintaan, dan pergeseran permintaan untuk lebih banyak barang.

Tetapi ekspektasi inflasi jangka panjang secara umum tetap berlabuh dengan baik di ekonomi dengan kerangka kebijakan yang kuat, pemberi pinjaman global mengatakan dalam catatan pengawasan yang disiapkan untuk pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 minggu ini.

IMF mengatakan risiko penurunan terus mendominasi dan indikator ekonomi dirilis setelah menurunkan perkiraan pertumbuhan global setengah poin persentase menjadi 4,4 persen pada Januari menunjukkan "momentum pertumbuhan yang lemah."

Pembatasan mobilitas yang diperbarui di kawasan euro, Jepang dan Inggris telah melemahkan aktivitas sektor jasa dalam beberapa bulan terakhir, sementara penyebaran Virus Corona telah merusak sentimen konsumen di Amerika Serikat.

Baca juga: Pemimpin keuangan G20 bahas inflasi dan kebijakan moneter lebih ketat

Staf IMF memperkirakan bahwa gangguan pasokan kemungkinan telah mengurangi antara 0,5 dan 1,0 poin persentase dari pertumbuhan produk domestik bruto global pada 2021 dan mengangkat inflasi inti sebesar 1,0 poin persentase, kata IMF.

Potensi munculnya varian baru dan berbahaya dari virus COVID-19 dapat menyeret turun aktivitas ekonomi.

Ketidaksesuaian penawaran-permintaan juga bisa memakan waktu lebih lama untuk diselesaikan dari yang diharapkan, membebani output dan memicu inflasi upah, yang pada gilirannya dapat mendorong pengetatan kebijakan moneter yang lebih awal dari perkiraan di negara-negara maju utama, terutama di Amerika Serikat, ekonomi terbesar di dunia, kata IMF.

"Ini dapat meredam prospek pertumbuhan global, menyebabkan pengetatan kondisi keuangan secara tiba-tiba, dan mendorong arus keluar modal dari ekonomi pasar berkembang," kata IMF, mencatat risiko tambahan yang ditimbulkan oleh tingkat utang yang sudah tinggi.

Ekonomi China, terbesar kedua di dunia, dapat melihat pertumbuhan lebih lambat jika mengalami masalah lebih lanjut di pasar real estatnya, konsumsi swasta tidak pulih, dan wabah COVID-19 yang meluas menyebabkan gangguan lebih lanjut, demikian peringatannya.

Bank-bank sentral di ekonomi pasar berkembang harus siap menghadapi guncangan yang merugikan jika inflasi terus meningkat di negara-negara ekonomi utama, dan mereka mengadopsi kenaikan suku bunga yang lebih curam dari perkiraan, kata IMF.

Baca juga: IMF: Konflik Rusia-Ukraina akan dorong inflasi tinggi lebih lama

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022