Bandung (ANTARA News) - Sejumlah mahasiswa Indonesia dari berbagai universitas akan menjadi delegasi Indonesia dalam "Global Model United Nations" (GM UN) 2011 di Incheon, Korea Selatan, pada 10-14 Agustus mendatang.

GMUN merupakan forum internasional yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan diikuti oleh seluruh negara anggota PBB.

"Dalam kegiatan ini kami akan melakukan simulasi sidang PBB. Jadi seolah kami adalah delegasi negara anggota PBB," lanjut delegasi dari Universitas Padjajaran Bandung, Rizka Mantini yang dihubungi dari Bandung, Selasa.

Ia mengatakan universitas yang mengikuti kegiatan tersebut diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Hassanudin.

Rizka menjelaskan dalam forum internasional ini, setiap universitas mengirim mahasiswanya dengan jumlah yang berbeda-beda.

"Untuk tahun ini, Unpad merupakan universitas yang paling banyak mengirimkan mahasiswanya, yakni sebanyak 13 orang, katanya.

Dalam forum ini setiap delegasi dari masing-masing negara akan mempresentasikan topik tertentu dari negara yang berbeda-beda.

Melalui kegiatan ini delegasi Indonesia akan bertemu dengan delegasi dari negara-negara lain dan mendapat pengalaman bagaimana cara berdiplomasi, bernegosiasi, dan berhubungan dengan negara lain. (ANT)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2011