Roma (ANTARA News/AFP) - Pertandingan liga utama di Italia dan Spanyol belum bergulir, dan kini hanya pertandingan persahabatan internasional antara keduanya yang bakal bisa menjadi tontonan yang tidak kalah menarik pada Rabu (10/8).

Italia akan menjamu tim juara dunia dalam suatu pertandingan ujian yang cukup berat sejak Cesare Prandelli mengambil alih posisi pelatih dari Marcello Lippi, menyusul keterpurukan tim Italia di Piala Dunia satu tahun lalu di Afrika Selatan.

Tim Azzurri yang tampil sebagai juara bertahan, cukup buruk memiliki pertahanan sehingga tim itu gagal memenangi tiga pertandingan di babak grup, bahkan tidak mampu mengalahkan Selandia Baru.

Sedangkan Spanyol justru mampu membuktikan menjadi tim terbaik dengan menjuarai Piala Dunia di Afrika Selatan itu.

Timnas Spanyol yang banyak beranggotakan para pemain klub Barcelona, pada kejuaraan Eropa musim depan di Polandia dan Ukraina juga akan tetap memasang para pemain itu.

Dan ketika tim Spanyol selalu memenangi satu dari setiap pertandingan kualifikasi grup Euro 2012, dua kali tahun lalu, maka tim itu bakal mampu membuktikan keperkasaan mereka dalam pertandingan persahabatan.

Sementara itu pelatih Italia Prandelli bakal menjadikan pertandingan persahabatan ini sesuatu yang serius, ketika dia ingin melihat perkembangan timnya, namun mengakui bahwa lawannya sangat kuat.

"Saya ingin melihat karakter serta tekad untuk kembali menang dari mereka, dan selanjutnya kami akan pakai pemain itu," kata pelatih Prandelli.

"Kami tertarik untuk melihat di mana mereka itu, tentu Spanyol mendapat keuntungan keuntungan dari kerja yang telah beres dalam beberapa tahun ini dari timnas junior," katanya.

"Namun pertandingan ini pasti akan menjadi ujian bagi kami," tambahnya.

Sementara itu pemain Spanyol Andres Iniesta juga mengaku bahwa pertandingan persahabatan ini cukup penting bagi persiapan mereka di liga,dimana para pemain timnas Italia dan Spanyol akan terdorong oleh itu.

"Ini nyata bahwa kami akan memulai musim dan bertanding melawan Italia merupakan dorongan tersendiri," kata bintang Barcelona itu.

(A020) (A023)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011