Jakarta (ANTARA News) - PT Garuda Indonesia telah menyelesaikan proses pemesanan 25 pesawat Airbus jenis A320 Family melalui nota kesepahaman yang diumumkan pada pameran dirgantara di Paris Juni 2011.

Presiden & CEO Garuda Indonesia Emirsyah Satar dalam keterangannya di Jakarta Rabu mengatakan, pesanan pesawat A320 Family itu terdiri atas 15 pesawat A320 standar dan 10 pesawat A320neo.

Semua pesawat yang dipesan ini akan dioperasikan oleh Citilink, maskapai berbiaya rendah milik Garuda Indonesia, ujarnya.

Menurut Emirsyah Satar, pemesanan ini akan memastikan bahwa Citilink siap untuk mewujudkan seluruh potensinya.

"Kami percaya pesawat yang modern dan ramah lingkungan ini akan membantu memenangi pangsa pasar yang penting di pasar penerbangan berbiaya rendah dan terbukti dapat diandalkan," ucapnya.

Karakteristik ini, lanjut dia, juga menjadikan rangkaian A320 Family pemimpin pasar pesawat lorong tunggal.

Airbus siap memberikan dukungan penuh bagi Garuda Indonesia saat memperkenalkan armada barunya, ujarnya.

Sementara itu Chief Operating Officer Customers Airbus John Leahy mengatakan, menyambut gembira Garuda Indonesia sebagai pelanggan baru rangkaian A320 Family. Citilink akan memperoleh manfaat karena A320 Family memiliki kualitas yang disukai penumpang, dan biaya operasional rendah.

Rangkaian pesawat A320 Family telah diakui sebagai patokan kualitas pesawat lorong tunggal. Hampir 7.700 pesawat A320 Family telah dipesan dan lebih 4.700 pesawat telah diantarkn ke lebih dari 330 maskapai dan operator penerbangan di seluruh dunia, katanya.

Berkat mesin terbaru dan perangkat ujung sayap bernama Sharkiet, pesawat A320neo akan menghemat bahan bakar sebanyak 15 persen serta meningkatkan kapasitas muatan dan jarak tempuh.

Penghematan bahan bakar ini akan merepresentasikan penurunan konsumsi C02 sebanyak 3.600 ton per pesawat per tahun, katanya.

(H-CS/N002)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011