Jakarta (ANTARA News) - Operator seluler PT XL Axiata Tbk menggandeng penyedia layanan jejaring sosial Multiply.Com mengembangkan layanan belanja online alias e-commerce, yang menawarkan produk paket mulai dari telefon genggam pintar, modem maupun tablet.

"Sejalan dengan pertumbuhan layanan data dan gaya hidup masyarakat saat ini, kami melihat aktivitas online, terutama industri e-commerce, akan berkembang pesat dalam beberapa tahun ke depan," kata General Manager Mobile Data Service Channel Development XL, Handono Warih, di Jakarta, Kamis.

Menurut Warih, kerjasama XL-Multiply ini sudah diluncurkan sejak awal Agustus 2011 dengan laman akses http://xl123.multiply.com.

"Melalui situs ini kami menawarkan layanan XL, mulai smartphone, modem maupun tablet dengan harga yang lebih bersaing. Sementara penyediaan produknya bekerjasama dengan salah satu distributor besar Indonesia Eraphone," kata Warih.

Pengembangan layanan belanja online ini sejalan dengan langkah XL yang terus memperluas jaringan khususnya yang berbasis data/3G sehingga masyarakat dan pelanggan akan semakin mudah mengakses informasi maupun melakukan aktivitas online, termasuk bertransaksi secara digital.

"Kami berharap melalui situs ini XL mampu menghasilkan 10.000 transaksi hingga akhir tahun 2011," ujar Warih.

Sementara itu Asistance Vice Presiden Marketing Communications Multiply, Edward Suwignyo, mengatakan, kerjasama XL dengan membuka toko di Multiply membawa warna dan terobosan baru, karena operator telekomunikasi pertama yang ikut memanfaatkan e-commerce lewat jejaring sosial.

"XL membawa konsep yang baru di Multiply karena mereka menyediakan platform yang benar-benar matang, berbeda dari kebanyakan toko di Multiply," katanya.

Edward optimis kerjasama XL dan Multiply ini dapat menarik ribuan ribuan pengunjung setiap harinya.

"Berdasarkan pengamatan kami di Multiply, rata-rata toko memperoleh 1.000 hingga 2.000 visit setiap harinya. Padahal mereka hanya berjualan secara organic atau tanpa promosi besar-besaran," katanya.

Multiply ditambahkannya saat ini memiliki pengakses sekitar 2 juta pengguna terdaftar, 7 juta kunjungan per hari, dan 70 juta halaman yang dibuka per hari.

Terkait pembayaran transaksi, XL dan Multiply menggunakan metode transfer melalui Bank BCA dan Bank Mandiri, ATM BCA, ATM Mandiri, dan transaksi m-bangking Klik BCA.

Adapun produk smartphone yang dijual dalam e-commerce ini seperti Samsung, Sony Ericsson, iPhone, Huawei dengan jenis yang selalu terbaru. (R017)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011