Jakarta (ANTARA News) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk menyalurkan bantuan sebesar Rp3,6 miliar untuk pembangunan kembali gedung SMPN 4 Kota Padang, Sumatera Barat, yang rusak akibat gempa bumi 2009.

"Dana bantuan ini merupakan hasil donasi pelanggan TelkomGrup (Telkomsel dan Flexi) melalui program SMS Donasi 5000," kata Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Menurut Rinaldi, SMS Donasi 5000 merupakan gagasan Dirjen Postel Kemkominfo dan komunitas Pos & Telekomunikasi dalam menanggulangi bencana gempa bumi Sumatera Barat pada 2009.

SMS Donasi tersebut diperoleh dari para pelanggan pascabayar Kartu Halo, prabayar Simpati dan AS dan pelanggan TelkomFlexi untuk keperluan bantuan kemanusiaan.

Gempa bumi berkekuatan 7,2 Skala Richter yang melanda Kota Padang dan sekitarnya pada 30 September 2009 menyisakan duka mendalam.

Sebagian besar penduduk kehilangan tempat tinggal dan keluarga, dan sejumlah bangunan rata dengan tanah.

"Telkom berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan manfaat lebih. Tidak semata berbisnis jasa telekomunikasi, tapi perusahaan berusaha menebar manfaat bagi masyarakat dan lingkungan khususnya di bidang pendidikan," ujar Rinaldi.

Dijelaskan Rinaldi, selain di Kota Padang, dana program SMS Donasi 5000 juga dipergunakan untuk membangun kembali, merehabilitasi serta merenovasi gedung-gedung sekolah di Kabupaten Klaten dan Magelang, Jawa Tengah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Mentawai, Sumatera Barat, dan Wasior, Papua, yang hancur atau rusak akibat bencana alam. (R017/N002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011