Pekalongan (ANTARA News) - Pokja program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) mandiri perdesaan Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, akan menggelar Festival Durian Lolong sebagai upaya mendongkrak potensi wisata di daerah setempat.

Fasilitator PNPM Wisata Desa Lolong, Kabupaten Pekalongan, Nujahidin di Pekalongan, Jumat, mengatakan, Festival Durian Lolong rencananya digelar Desember 2011 atau memasuki masa panen durian di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar.

"Pada tahun sebelumnya, Festival Durian Lolong batal digelar karena petani mengamali gagal panen akibat curah hujan cukup tinggi. Namun, festival itu akan kami gelar kembali pada Desember mendatang," katanya.

Menurut dia festival Durian Lolong yang biasanya diisi dengan makan durian sepuasnya ini diperkirakan akan lebih meriah karena akan diikuti kegiatan pembukaan obyek wisata arung jeram.

Selama ini, katanya, Desa Lolong banyak mempunyai potensi wisata yang belum tergarap secara maksimal oleh pemkab setempat, seperti peninggalan sejarah jembatan batu melengkung, panorama alam yang indah, dan durian unggulan dengan berbagai rasa.

"Panorama alam itu, bahkan pernah diabadikan oleh penyanyi balada Ebiet G. Ade dalam bentuk nyanyian. Karena itu kami opimistis potensi wisata di Desa Lolong itu akan makin dikenal wisatawan dengan adanya rencana festival Durian Lolong," katanya.


Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2011