Beijing (ANTARA) - Saham-saham China ditutup bervariasi pada perdagangan Senin, setelah negara itu mempertahankan suku bunga pinjaman acuannya untuk perusahaan dan rumah tangga tidak berubah pada penetapan Februari, sejalan dengan ekspektasi pasar.

Indikator utama pasar saham China, Indeks Komposit Shanghai berakhir turun tipis 0,15 poin atau 0,0042 persen menjadi menetap di 3.490,61 poin, sedangkan Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China ditutup 0,09 persen atau 11,48 poin lebih tinggi pada 13.471,16 poin.

Omzet gabungan saham yang dicakup oleh kedua indeks tersebut mencapai 900,4 miliar yuan (sekitar 142,02 miliar dolar AS), naik dari 807,5 miliar yuan pada hari perdagangan akhir pekan lalu.

Baca juga: Saham China dibuka bervariasi, indeks Shanghai tergerus 0,07 persen

Saham-saham yang terkait dengan konsep komputasi dan pusat data memimpin kenaikan sementara saham di sektor logam mulia dan transportasi udara memimpin kerugian.

Sementara itu Indeks ChiNext yang melacak saham perusahaan-perusahaan sedang berkembang atau perusahaan rintisan (start-up) di papan perdagangan bergaya Nasdaq China, merosot 0,79 persen menjadi ditutup pada 2.804,60 poin.

Baca juga: IHSG awal pekan menguat, seiring harapan pertemuan diplomatik Rusia-AS

Baca juga: Rupiah ditutup turun tipis, dibayangi krisis Ukraina dan kebijakan Fed

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022