Padang (ANTARA News) - Seorang pelaku penjarahan di lakosi kebakaraan yang terjadi di Kompleks Pertokoan Nusantara Bulding, Kota Padang nyaris diamuk massa ketika tengah melakukan aksinya, Minggu.

Massa yang berada di sekitar lokasi peristiwa kebakaran sempat mengejar dan menghakimi pelaku yang berinisial "A" (53) karena menjarah salah satu toko yang berada Kompleks Pertokoan Nusantara Bulding itu.

Salah seorang saksi mata, Udin mengatakan, massa yang sedang menyaksikan peristiwa kebakaran mencurigai pelaku yang tengah mengambil barang di sebuah toko emas.

"Massa yang curiga langsung mengejar pelaku yang diduga mengambil barang di sebuah toko emas yang terbakar," katanya.

Pihak kepolisian yang berada di lokasi kejadian langsung mengamankan pelaku.

"Untung petugas dari kepolisian segera mengamankan pelaku, sehingga tidak terjadi amukan massa yang lebih luas," katanya.

Sementara itu, Kanit II SPK Polresta padang Ipda Citra P mengakui pihaknya telah mengamankan seorang warga berinisial "A" yang diduga melakukan aksi penjarahan pada saat musibah kebakaran terjadi.

"Selain mengamankan pelaku, petugas juga menyita barang bukti berupa dompet kecil bertuliskan nama toko emas itu dan berisi uang sebesar Rp30.000," katanya.

Dia menyebutkan, beberapa personel polisi diturunkan untuk mengamankan peristiwa kebakaran yang melanda Kompleks Pertokoan Nusantara Bulding.

"Keterangan dari sejumlah saksi di lakosi kejadian, api diduga berasal dari toko Dwi Emas, grosir buku dan selanjutnya merembes ke toko lain yang saling berdekatan," katanya.

Hingga saat ini petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran masih berupaya memadamkan api yang melanda puluhan petak toko.

Pihak kepolisian sibuk mengatur arus lalu lintas untuk mengatasi kemacetan yang terjadi karena warga sangat antusias menyaksikan dari dekat musibah kebakaran tersebut.

(T.KR-ZON/R014)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011