Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Korea Selatan (Korsel) sepakat menggelar "Navy to Navy Talk" yang mulanya dua tahun sekali jadi setahun sekali.

“Navy to Navy Talk” (NTNT) merupakan pertemuan rutin yang digelar oleh TNI AL dan Angkatan Laut Korea Selatan yang bertujuan memperkuat kerja sama dan sinergi antar-pihak.

Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono dan Admiral Kim Jung-soo menyetujui penyelenggaraan NTNT itu saat keduanya bertemu di Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta, Senin.

Di samping membahas NTNT, Yudo dan Jung-soo juga membicarakan isu lainnya antara lain kerja sama bidang industri pertahanan, dan alih teknologi (TOT) serta pelatihan kru kapal selam mengingat beberapa kapal selam Indonesia dibeli dari Korsel.

Tidak hanya itu, Laksamana Yudo dan Admiral Jung-soo turut membahas rencana pertukaran kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) serta pertukaran prajurit setingkat perwira.

Dalam pertemuan yang sama, Kasal sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal), berharap dua pihak dapat melanjutkan kerja sama yang telah terjalin.

Yudo ke Jung-soo juga mengusulkan Angkatan Laut Korea Selatan dapat turut serta dalam latihan gabungan lintas negara Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK).

Baca juga: Kasal dan Menteri DAPA Korsel bahas latihan bersama AL dua negara

MNEK 2022, yang rencananya digelar di perairan Pulau Belitung dan Kepulauan Seribu, diikuti oleh Angkatan Laut dari 54 negara.

MNEK pada tahun ini bertujuan meningkatkan kerja sama internasional untuk keamanan maritim sebagaimana ditetapkan dalam tema besarnya, “Cooperation to Strengthen International Maritime Security".

Kunjungan Jung-soo ke Mabesal merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dia selama di Jakarta. Di Mabesal, kedatangan Jung-soo disambut oleh upacara jajar prajurit TNI AL.

Admiral Jung-soo, dalam kunjungannya ke Mabesal, didampingi oleh Chief of Naval Policy Korsel, RDML Kang Chung-ho, Flag Secretary ROKN RDML(s) Kim Jungil, Adjutant of CNO LCDR Park Taeyong, Atase Pertahanan Korsel di Jakarta Capt. Jung Yeun-soo, dan Direktur Jenderal DSME Yoo Sujun.

Sementara itu, Laksamana Yudo didampingi oleh Wakil Kepala Staf TNI AL Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Asrena Kasal Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, Asintel Kasal Laksamana Muda TNI Angkasa Dipua, Asops Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, dan Waaslog Kasal Laksamana Pertama TNI Rachmat Hartoyo.

Usai ke Mabesal, Admiral Jung-soo dijadwalkan mengadakan kunjungan kehormatan (courtesy call) ke Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Kepala Staf Angkatan Laut Korsel juga dijadwalkan berkunjung ke Museum KRI Nanggala-402 di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (22/2).

Di Museum, Jung-soo akan meletakkan karangan bunga sebagai bentuk penghormatan kepada prajurit KRI Nanggala-402 yang gugur saat tugas.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2022