Barcelona (ANTARA News/AFP) - Usaha maraton Barcelona untuk menggaet Cesc Fabregas akhirya membuahkan hasil Minggu, ketika Arsenal setuju memenuhi keinginan kapten mereka untuk kembali ke klub masa kecilnya itu.

Juara Eropa itu setuju dengan kesepahaman yang diajukan klub pemilik Fabrages, diperhitungkan bernilai antara 36 sampai 40 juta euro. Persetujuan ini diumumkan ketika klub itu berhadapan dengan Real Madrid di Piala Super Spanyol.

Persetujuan itu juga mengakhiri simpang-siur pemberitaan tentang masalah transfer pemain itu sejak tahun lalu, sampai akhirnya Fabregas kembali ke klub yang pernah dinaunginya ketika ia berusia 16 tahun pada 2003.

"Sebetulnya sudah jelas, bahwa kami tidak ingin pemain kami Cesc meninggalkan klub," kata pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

"Tapi kami pun mengerti dengan keinginan Cesc untuk pindah ke klub masa kecilnya dan kami sudah menerima penawaran dari Barcelona. Kami berterima kasih kepada Cesc atas kontribusinya selama ini di Arsenal dan semoga ia semakin sukses," katanya.

Febrages yang berusia 24 tahun akan menjalani pemeriksaan medis di Camp Nou Barcelona, Senin, setelah menyetujui aturan peribadi dengan klub. Kemudia ia akan diperkenalkan pada media.

"Kami akan menghadirkannya di depan media dan kami akan melihat bagaimana penampilannya," kata pelatih Barcelona, Josep Guardiola, setelah timnya bermain imbang 2-2 lawan Real di turnamen Piala Super, Minggu.

"Kami akan bersama dia dalam tahun ini ketika bermain dalam Piala Klub Dunia serta pertandingan lainnya. Kami butuh pemain bagus," katanya.

Presiden Barcelona Sandro Rossell menyatakan amat gembira dengan keputusan akhir pemain internasional Spanyol itu.

"Rasanya seperti anak pulang kampung," kata Rossell.

Barcelona sebelumnya gagal dengan tawaran mereka sebesar 34,4 juta euro untuk mendapatkan pemain dambaan mereka itu.

Tapi media Inggris melaporkan, Arsenal akhirnya menerima tawaran 36 juta euro dan harian olahraga Spanyol Marca menyatakan angkanya mendekati 40 juta euro.

Fabregas menghabiskan waktu selama delapan tahun di Arsenal dan sudah tampil dalam 303 pertandingan, mencetak 57 gol dalam semua kompetisi yang diikutinya.

Ia ditunjuk sebagai kapten tim Arsenal pada November 2008 dan ia juga sebagai pemain regular dalam tim nasional Spanyol dan sudah tampil 58 kali.

Pemain bertahan Barcelona Carles Puyol dan Gerard Pique sudah mengantisipasi kedatangan teman mereka itu Jumat ketika menulis kata selamat datang dalam Twitter mereka, padahal belum ada pengumuman resmi tentang kedatangannya.

"Selamat pulang kampung. Gembira kamu di sini lagi, "kata Puyol dalam pesan jejaring sosial itu. "@cesc4official, kami mendapatkannya," kata Pique.

Fabregas tidak bermain ketika klubnya imbang 0-0 lawan Newcastle, Sabtu.

Ia juga tidak akan bertemu dengan Samir Nasri pada laga pembuka kompetisi Sabtu karena pemain internasional Prancis itu sudah akan pindah ke Manchester City dalam beberapa hari ini.

Wenger, pelatih Arsenal yang timnya tidak akan diperkuat Fabregas mulai Selasa pada laga playoff Liga Champions melawan Udinese, akan berada dalam tekanan keras untuk mempergunakan uangnya dalam melakukan rekruitmen pemain baru.

Tapi pelatih Prancis itu kelihatannya sudah mengincar pemain dari Valencia Juan Mata serta pemain tengah dari Shakhtar Donetsk, Jadson asal Brazil.

Striker Robin van Persie kelihatannya akan menjadi kapten permanen Arsenal.

(A008) (A023)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011