Jakarta (ANTARA) - Ada sejumlah berita humaniora kemarin (22/2) yang menarik perhatian pembaca dan layak dibaca pagi ini, di antaranya potensi hujan es masih bisa terjadi hingga Maret-April 2022, kasus meninggal dunia akibat COVID-19 cetak rekor tertinggi, dan capaian vaksinasi COVID-19 meningkat.

BMKG: Potensi hujan es masih bisa terjadi hingga Maret-April 2022

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan potensi cuaca ekstrem seperti fenomena hujan es, hujan lebat dan puting beliung masih dapat terjadi hingga Maret-April mendatang karena pancaroba.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya potensi cuaca ekstrem tersebut serta dampak yang dapat ditimbulkan," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Kasus meninggal dunia akibat COVID-19 cetak rekor tertinggi 257 orang

Kasus meninggal dunia akibat COVID-19 sejak masuknya varian Omicron mencetak rekor harian tertinggi yakni sebanyak 257 orang, menurut data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 dihimpun di Jakarta hingga Selasa siang.

Angka tersebut menambah jumlah korban jiwa COVID-19 di Indonesia sebanyak 146.798 orang.

Satgas: 141 juta penduduk RI telah terima vaksinasi COVID-19 lengkap

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan sebanyak 141.042.401 penduduk Indonesia telah menerima vaksinasi dosis lengkap berdasar data yang dihimpun hingga Selasa siang.

Keterangan Satgas Penanganan COVID-19 di Jakarta, Selasa, menyebutkan pada hari ini, tercatat 621.930 orang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis kedua.

Wiku: Masyarakat waspadai risiko COVID-19 jelang libur 26-28 Februari

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dalam menjalankan aktivitas selama libur panjang 26, 27, dan 28 Februari 2022 karena kasus COVID-19 masih cukup tinggi.

Wiku dalam keterangan tertulis Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Jakarta, Selasa, mengatakan pemerintah tidak membuat aturan khusus menjelang periode libur panjang dalam waktu dekat.

Kasus COVID-19 luar Jawa Bali terus meningkat

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito meminta masyarakat waspada di tengah meningkatnya kasus COVID-19 di luar provinsi di Pulau Jawa dan Bali.

"Perlu saya tekankan saat ini kita perlu waspada secara menyeluruh sebab data menunjukkan telah terjadi pergeseran tren kasus ke provinsi di luar Jawa, Bali," kata Wiku dalam Konferensi Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Indonesia, yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022