Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin upacara pengibaran bendera Merah Putih di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-66 Republik Indonesia, yang juga dihadiri sebagian anggota keluarga para mantan presiden.

Upacara dimulai dengan peringatan detik-detik proklamasi tepat pada pukul 10.00 WIB, lalu diiringi bunyi sirene dan 17 kali dentuman meriam.

Hadir pada upacara ini Ani Yudhoyono, Herawati Boediono, para menteri, dan pejabat-pejabat tinggi lainnya.


Setelah itu, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Taufiq Kiemas membacakan naskah proklamasi kemerdekaan RI.

Merah Putih dikibarkan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dengan pengerek bendera Hario Wibowo, siswa SMAN 1 Yogyakarta, pembentang bendera Angga Gerlyan Luempow, siswa SMAN 1 Tahuna, Sulawesi Utara, dan pembawa baki Muvida Pratiwi Fallugah, siswa SMAN 1 Gorontalo.

Bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Yeheskiel Katiandagho yang menjabat Dan Kopaska Armada Timur TNI-AL.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih ini tidak dihadiri satu pun mantan presiden Republik Indonesi, namun mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden Hamzah Haz dan mantan Wakil Presiden Try Sutrisno ikut menghadirinya.

Di antara tamu undangan juga tampak anak-anak mantan Presiden Republik Indonesia antara lain Sukmawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Siti Hediati (putri Soeharto) dan Yenni Wahid (putri Abdurrahman Wahid).(*)

G013*G003/D013/A011

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011