Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, perayaan HUT ke-66 RI terasa istimewa bagi Jawa Barat karena bersamaan dengan diadakannya untuk pertama kali perayaan hari jadi provinsi itu.

"Dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini ada keistimewaan bagi Pemprov dan masyarakat Jabar, yakni dengan ditetapkannya tanggal 19 Agustus sebagai Hari Jadi Provinsi Jabar," katanya saat menjadi Inspektur upacara di Lapangan Gasibu Bandung, Rabu.

Untuk pertama kalinya sejak Pemprov Jawa Timur dibentuk, sambung Ahmad, masyarakat provinsi akan merayakan Hari Jadi Provinsi Jabar yang ke-66 tahun.

Gubernur bangga karena Provinsi Jawa Barat adalah satu dari sembilan provinsi yang dibentuk oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) setelah Republik Indonesia diproklamasikan pada 17 Agustus 1945.

"Fakta sejarah ini tidak hanya menjadi kebanggan warga Jabar tetapi harus menjadi pemicu semangat dan sudah selayaknya jika Jabar menjadi daerah terkemuka di persada Indonesia," katanya.(*)

KR-ASJ/S018

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011