Banda Aceh (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali akan mendorong kementerian terkait untuk mempercepat pembangunan infrastruktur pendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

“Kita akan mendorong kementerian terkait khususnya yang menangani infrastruktur yakni Kementerian PUPR agar sarana dan prasarana dapat segera dibangun,” kata Menpora di Banda Aceh, Rabu.

Di sela-sela kunjungan kerja ke Provinsi Aceh, ia menjelaskan untuk pembangunan infrastruktur kewenangan ada di Kementerian PUPR. Sementara untuk pelaksanaan kegiatan berada di bawah Kemenpora.

“Intinya kita berkomitmen untuk mendukung dan menyukseskan PON Aceh-Sumut. Saya akan mendorong kementerian terkait untuk memberikan perhatian untuk Aceh,” katanya.

Ia mengatakan untuk pembangunan infrastruktur pendukung PON Aceh-Sumut, pihaknya juga akan menggelar pertemuan bersama.

Saat kunjungan kerja mendampingi Komisi X DPR dalam rangka reses masa persidangan 3 tahun sidang 2021-2022 di Banda Aceh yang dipimpin Wakil Ketua Komisi Abdul Fikri Faqih itu, Menpora juga meminta Pemerintah Aceh agar pembangunan fasilitas olahraga dapat terintegrasi sehingga bisa gunakan secara berkelanjutan.

“Artinya, perencanaannya harus direncanakan secara matang sehingga pembangunan sarana olahraga ini benar-benar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dan memberikan dampak ekonomi lainnya,” katanya.

Menurut dia, jangan sampai sarana olahraga yang dibangun terbengkalai dan pada akhirnya membebani anggaran pemerintah daerah untuk merawat fasilitas yang ada.

Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Fikri Faqih menyatakan pihaknya berkomitmen mendukung dan mengawal pembangunan infrastruktur dan pelaksanaan PON Aceh-Sumut 2024 ke kementerian terkait.

“Kita akan terus mengawalnya dan kami sangat yakin PON Aceh-Sumut akan berjalan sukses,” kata Abdul Fikri.

Baca juga: Menpora: PON Aceh-Sumut pertama kali digelar provinsi berbeda
Baca juga: Pemerintah tegaskan pembukaan PON XXI 2024 tetap berlangsung di Aceh
Baca juga: Gubernur serahkan usulan rencana pembangunan arena PON Aceh-Sumut XXI


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022