Jayapura (ANTARA News) - Pelatih Persipura, Jacksen F Tiago mengatakan, proses naturalisasi pemain belakang tim yang dijuluki Mutiara Hitam itu, Viktor Igbonefo, kemungkinan besar akan rampung diakhir bulan Agustus mendatang.

"Kami mendapat kabar kemungkinan proses naturalisasi Viktor Iqbonefo rampung sebelum lebaran atau akhir bulan ini," katanya di Jayapura, Kamis.

Menurut Jaksen, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sendiri sudah menyetujui pemain asal Nigeria tersebut dinaturalisasi, dan prosesnya saat ini tinggal menunggu keputusan dari presiden.

"Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) juga menginginkan proses naturalisasi Viktor Igbonefo bisa secepatnya dilakukan agar dapat dimainkan saat timnas menghadapi Bahrain dilaga kedua babak Pra Kualifikasi Piala Dunia 2014 mendatang," ujarnya.

Dia mengakui, tidak hanya PSSI kubu Persipura juga sangat berharap Viktor Igbonefo bisa secepatnya jadi WNI agar tim Mutiara Hitam bisa kembali merekrut pemain asing Non Asia untuk memenuhi kuota yang ditetapkan Badan Liga Indonesia (BLI).

"Jika proses naturalisasi Viktor Igbonefo sudah beres kami akan merekrut satu lagi pemain asing ke Persipura. " kata Jacksen Tiago.

Menurut pelatih berkebangsaan Brazil itu, Jika mengaju pada kriteria yang ditetapkan, Viktor Igbonefo sendiri sudah memenuhi semua syarat tersebut, seperti selama lima musim berturut-turut tak pernah berganti klub.

Ia pertama kali bergabung dengan Persipura dimusim kompetisi 2004 lalu, dan sejak itu ikut berhasil mempersembahkan tiga gelar juara kompetisi Liga Indonesia pada dimusim 2004/2005.

Victor juga ikut bawa Persipura Juara Liga Super Indonesia (LSI) dimusim 2008/2009 dan 2010/2011 serta tiga kali

beruntun membawa Persipura tim ke final Copa Indonesia," jelas Jaksen.
(KR-MBK)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011