Jakarta (ANTARA) - Platform dompet digital, OVO, memperluas aksesnya untuk pembayaran digital dengan hadir hampir di semua e-commerce di Indonesia sehingga pembayaran nirtunai semakin mudah dilakukan oleh masyarakat.

Terbaru pada akhir 2021, OVO hadir di JD.ID dan Bukalapak sebagai salah satu metode pembayaran dan memudahkan penggunanya untuk bertransaksi membayar kebutuhan-nya di toko digital.

“Melihat antusiasme dan tren yang positif ini, pada semester dua tahun 2021, OVO memperluas kerja sama untuk hadir sebagai pilihan metode pembayaran digital di berbagai platform e-commerce unggulan yang ada di Indonesia,” ujar Head of Corporate Communications OVO Harumi Supit dalam keterangannya, Kamis.

Tercatat dalam riset dari We Are Social 2021 terdapat sebanyak 87,1 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan layanan tersebut untuk berbelanja berbagai kebutuhan.

Lalu pada riset Google dalam laporannya berjudul "e-Conomy SEA 2021" menunjukkan ada pertumbuhan e-commerce pun mencapai dua digit hingga 52 persen pada 2021 dibandingkan tahun
sebelumnya.

Dua hal itu kemudian berbaur dan meningkatkan jumlah transaksi yang mendorong pemulihan ekonomi di masa sulit seperti pandemi saat ini.

Maka tak heran semakin banyak alat pembayaran dan dompet digital berlomba- lomba hadir sebagai metode pembayaran di e-commerce untuk membuka akses inklusi ekonomi.

Kebutuhan dan penggunaan alat pembayaran digital yang semakin tinggi di berbagai titik transaksi, khususnya saat berbelanja online, terbukti dari studi yang dilakukan oleh BOKU.

Sebanyak 81 persen orang menggunakan pembayaran digital untuk berbelanja online dibandingkan dengan hanya sekitar 40 persen orang yang menggunakannya untuk berbelanja di toko secara fisik.

Temuan studi BOKU lainnya menggarisbawahi bahwa alasan terbanyak orang menggunakan pembayaran digital adalah karena memang mereka perlu alat pembayaran digital untuk bertransaksi.

Dengan demikian hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara di mana perkembangan e-commerce sangat pesat,tentunya tidak terlepas dari perkembangan pembayaran digital sebagai alat yang memudahkan transaksi.

Baca juga: Aplikasi PINTU berikan "cashback" gandeng OVO, GoPay, dan BMoney

Baca juga: OVO raih empat penghargaan Contact Center World 2021

Baca juga: Kirim angpao via digital kini menjadi favorit

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022