Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Ja'far meminta kepada semua elemen bangsa termasuk pemerintah untuk mewaspadai adanya gerakan deparpolisasi.

"Kedewasaan parpol akan selaras dengan tuntutan zaman. Tidak bisa secara instan, parpol dijadikan kambing hitam dalam memperjuangkan dan membawa aspirasi rakyat," kata Marwan di Jakarta, Sabtu.

Ia mengungkapkan bahwa saat ini demokrasi yang menjadi kekuatan bagi kemerdekaan dan berserikat digerogoti oleh kekuatan anti demokrasi.

Menurut Ketua Fraksi PKB itu, hal ini sangat ironis karena dengan berlindung di bawah panji demokrasi, mereka menebar teror dengan mengkampanyekan agenda seperti deparpolisasi dan kriminalisasi parpol.

"Sesungguhnya, apapun gerakan yang melakukan black campaign terhadap parpol berarti melawan hak kebebasan rakyat untuk berserikat," ujar Marwan.

Dia menegaskan, perjuangan melalui parpol akan selalu menjadi kekuatan yang strategis untuk mengusung sebuah tatanan negara yang demokratis dan beradab dan parpol adalah pilar demokrasi.

"Sebaliknya, gerakan deparpolisasi sejatinya adalah 'black hole' dalam perjalanan meneguhkan demokrasi," imbuhnya. (zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2011