Jakarta (ANTARA News) - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) telah menunjuk Prapon Pongpanich menjadi pelatih kepala tim "Gajah Putih` ini untuk tampil di SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang, 11-22 November mendatang.

Prapon yang merupakan mantan pelatih Bangkok United ini akan dibantu asisten pelatih Vithoon Kijmongkolsak, dikutip dari situs resmi AFF, sabtu.

Thailand berupaya untuk tidak mengulangi hasil jelek pada dua tahun lalu, FAT mulai melakukan pemusatan latihan untuk para pemain SEA Games.

Pada SEA Games 2009 Laos, Thailand berusaha untuk merebut gelar untuk kesembilan kalinya secara berturut-turut. Tetapi gagal setelah mereka ditumbangkan tim Malaysia di babak semifinal.

Untuk putaran kali ini, FAT telah bekerjasama dengan pengelola klub di Liga Thailand dan menyetujui untuk melaksanakan pelatnas.

Mereka menyetujui adanya prioritas untuk Timnas senior dan tim U-23 untuk beberapa bulan ke depan.

FAT akan mengumumkan daftar 30 pemain pada akhir pekan ini. Pelatnas tahap kedua akan dilaksanakan di Chiang Mai atau Phuket pada awal Oktober mendatang.

Sementara Timnas U-23 Indonesia yang ditangani pelatih kepala Rahmad Darmawan ini berhasil bermain imbang 1-1 melawan Timnas senior dalam laga uji coba pada Kamis (18/8) di Stadion Manahan Solo.

Rahmad berupaya untuk memperbanyak uji coba internasional untuk Tim U-23 yang mengincar medali emas ini.

Sebelumnya, Rahmad Darmawan mengatakan, laga uji coba melawan Timnas senior bertujuan untuk mengukur kemampuan pemain yang selama ini menjalani latihan di Lapangan Agrokusuma, Kota Batu.

Tujuan memainkan seluruh pemain U-23 adalah untuk melihat kemampuan masing-masing individu pemain, sehingga apabila bagus, pemain itu berkesempatan diambil untuk memperkuat Timnas Senior.

"Kami akan memaksimalkan pergantian pemain U-23 ketika melawan timnas senior, dan apabila ada pemain yang dinilai layak, maka akan masuk dalam skuad Timnas Indonesia untuk Pra Piala Dunia," katanya.

Rahmad mengaku, telah berkoordinasi dengan Pelatih Kepala Tim Nasional, Wim Rijsbergen, mengenai kemungkinan masuknya pemain U-23 dalam timnas senior.

"Masuknya pemain U-23 ke dalam timnas senior adalah untuk memenuhi kuota pemain menghadapi Pra Piala Dunia, selain itu untuk menutupi kekurangan pemain yang ada di timnas," katanya.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011