Pasuruan (ANTARA News) - Kereta Api Tawang Alun jurusan Malang-Banyuwangi anjlok setelah menabrak truk bermuatan kayu glondongan di perlintasan Desa Gerongan, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu malam.

Menurut seorang staf Stasiun Kereta Api Bangil, Madkur, rangkaian kereta api Tawang Alun yang ditarik lokomotif CC 201 60 dengan masinis Sujatmiko (55) anjlok setelah menabrak truk bermuatan kayu glondongan yang tengah menyebrang perlintasan.

Truk ketika itu tengah dalam perjalanan menuju pabrik PT Yanamuri di Desa Gerongan, sebelum muncul KA Tawang Alun dari arah Bangil dan menabraknya.

Namun, masih beruntung supir truk bernama Umar hanya luka ringan, dahinya robek, sedangkan rangkaian pertama KA Tawang Alun anjlok dari rel sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Sebagian penumpang KA Tawang Alun menunggu proses evakuasi kereta, tapi sebagian lainnya memilih beralih menumpang bus melanjutkan perjalanan.

Pada pukul 19.30 WIB, saat insiden terjadi,  biasanya sudah tidak ada kereta api yang melintasi jalur itu, tetapi memang KA Tawang Alun mengalami keterlambatan dan seharusnya sudah melintas tiga jam sebelumnya.

Petugas langsung berupaya mengevakuasi gerbong yang anjlok dan lokomotif akan diganti dengan yang lain yang didatangkan dari Stasiun Probolinggo.

Lokomotif yang rusak dalam kejadian itu akan dikembalikan ke Probolinggo.

(KR-MSW/A026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011