Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Jumat (25/2) yang masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari dukungan terhadap surat edaran aturan pengeras suara di masjid dan mushala hingga gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat.

Berikut rangkuman berita humaniora pada Jumat:

1. UINSA dukung Kemenag terbitkan pedoman pengeras suara di masjid

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mendukung Kementerian Agama menerbitkan edaran aturan penggunaan pengeras suara di masjid dan mushala yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 05/2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara.

"Kami mendukung sepenuhnya terhadap SE Nomor /05/2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di masjid dan mushala," kata Rektor UINSA Prof Masdar Hilmy di Surabaya, Jumat.

2. BNPB: Kecamatan Talamau terdampak parah akibat Gempa Pasaman Barat

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan Kecamatan Talamau terdampak parah akibat gempa bermagnitudo (M) 6,1 yang mengguncang Kabupaten Pasamn Barat, Sumatra Barat, Jumat pagi.

"Laporan sementara, lokasi yang terdampak parah berada di Kecamatan Talamau, Pasaman Barat. Pascagempa, personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat segera melakukan pemantauan dampak gempa," ujar Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat siang.

3. Akademisi: Transformasi kesehatan jadi kunci hadapi pandemi masa depan

Pembangunan transformasi kesehatan global yang ditonjolkan pemerintah Indonesia di G20 menjadi kunci dalam menghadapi masalah kesehatan global, termasuk pandemi COVID-19 dan pandemi berikutnya yang mungkin terjadi pada masa depan, kata dosen dari Universitas Gadjah Mada.

"Kita hidup pada era krisis pada era pandmei, dan mencegah pandemi sepertinya hampir tidak mungkin sehingga kesiapan itu menjadi kunci, artinya transformasi tadi menjadi kunci untuk masa depan kita," kata dosen Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dr. Yodi Mahendradhata dalam diskusi virtual Penanganan COVID-19 dan Transformasi Kesehatan di Jakarta, Kamis (24/2).

4. Gempa Pasaman Barat terasa sampai Batam

Gempa bumi dengan magnitudo 6,2 yang terjadi di Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat pada Jumat pukul 08.39 WIB terasa hingga Kota Batam Kepulauan Riau.

"Tadi saya merasa meja agak goyang. Mungkin karena kami di lantai atas, sehingga terasa ada getaran," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Batam Azril Apriansyah.

5. Bupati Pasaman Barat sebut ratusan rumah roboh akibat gempa

Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat Hamsuardi menyebut ratusan rumah roboh akibat gempa berkekuatan 6,2 yang mengguncang daerah itu pada Jumat.

"Daerah terparah yang mengalami kerusakan yaitu Nagari Kajai di Kecamatan Talamau dan Nagari Kinali," kata dia saat dihubungi dari Simpang Empat, Jumat.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2022