Padang (ANTARA) - Gerakan Pramuka Universitas Negeri Padang (UNP) Racana Dang Tuanku dan Bundo Kaduang mengirimkan enam personel tim reaksi cepat ke lokasi gempa Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Ketua Satgas Pramuka Peduli UNP Muhdi Azim di Padang, Sabtu, mengatakan pihaknya langsung melakukan komunikasi dengan pihak terkait untuk melakukan penanganan dampak gempa bumi bermagnitudo 6,1 pada Jumat (25/2) itu.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Jumat (25/2) malam kita langsung bergerak ke lokasi dan bergabung dengan relawan yang ada di sana” kata dia.

Baca juga: 6.000 warga mengungsi usai gempa dengan magnitudo 6,1 di Pasaman Barat

Saat ini, ada enam personel yang sudah berangkat dan akan menyusul personel lainnya pada hari berikutnya. Pihaknya juga terus menggalang dana yang akan disalurkan ke lokasi bencana.

Ketua Putra Racana Dang Tuanku dan Bundo Kanduang Doni Ardiansyah mengatakan keberangkatan tim TRC Pramuka UNP bentuk implementasi Tri Satya & Dasa Dharma Pramuka.

“Tim TRC kita sudah berangkat dan alhamdulillah sudah sampai di lokasi dengan selamat. Sementara anggota yang di Padang menunggu informasi dulu sembari mempersiapkan kebutuhan apa yang akan disalurkan nantinya," kata dia.

Ia mengatakan TRC Pramuka UNP akan berada di lokasi bencana selama satu minggu ke depan untuk membantu sejumlah pihak dalam penanganan bencana.

"Apa yang bisa kita lakukan dan kita bantu,” kata dia.

Baca juga: Mensos sambangi anak-anak di tenda pengungsian gempa Pasaman Barat
Baca juga: Polisi buka posko darurat di empat titik lokasi gempa
Baca juga: BMKG lakukan survei geofisika pada lokasi gempa Pasaman


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022