Jakarta (ANTARA News) - Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) meminta agar Komnas HAM segera menyelidiki bentrokan di lokasi pengeboran minyak di Pulau Tiaka, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

"Kiara mendesak Komnas HAM untuk segera turun ke lapangan dan melakukan investigasi secara mendalam atas dugaan pelanggaran HAM yang teradi di Pulau Tiaka," kata Sekretaris Jenderal Kiara, M Riza Damanik, di Jakarta, Rabu.

Menurut Riza, pihaknya mengecam keras tindakan brutal aparat keamanan dalam menyikapi tuntutan masyarakat Desa Kolo Bawah terkait janji perusahaan pengelola pengeboran untuk menyediakan fasilitas listrik dan fasilitas umum lainnya.

Kerusuhan yang terjadi, masih menurut dia, karena tidak adanya kepastian dari pihak perusahaan perihal pemenuhan janji kepada masyarakat hingga akhirnya terjadi bentrokan yang mengakibatkan tewasnya dua orang warga akibat terkena tembakan.

Ia juga berpendapat, Kepala Kepolisian RI agar dapat menindaktegas jajarannya yang berlaku sewenang-wenang dalam menyikapi tuntutan masyarakat Desa Kolo Bawah tersebut.

Selain itu, lanjutnya, Kiara mendesak agar aparat keamanan negara dapat bersikap adil dan tidak memihak dalam memberikan rasa keamanan dan keselamatan kepada warga. (T.M040)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2011