Jakarta (ANTARA News) - Direktur Pelaksana Bank Dunia, Sri Mulyani Indrawati, mengucapkan selamat dan memuji kesuksesan pemerintahan Timor Lorosae di bawah kepemimpinan Perdana Menteri (PM) Kay Rala Xanana Gusmao dalam menerapkan reformasi administrasi dan keuangan dalam menjalankan roda perekonomian nasionalnya.

"Saya ingin menjadi menteri keuangan, bila memiliki perdana menteri seperti Anda. Selamat atas semua upaya yang dilakukan pemerintahan Anda," kata Sri Mulyani saat diterima sebagai tamu kehormatan Kay Rala Xanana Gusmao di Dili, Kamis.

Juru bicara kantor PM Timor Lorosae, Naikoli Antonio Ramos, dalam surat elektroniknya kepada ANTARA News mengemukakan bahwa pertemuan di antara keduanya berlangsung akrab. Sri Mulyani juga memuji keberhasilan Pemerintah Timor Lorosae menyusun "Estrategic Plan" atau strategi perencanaan pembangunan untuk 20 tahun mendatang.

Sri Mulyani, yang mantan Menteri Keuangan dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, mengemukakan bahwa strategi perencanaan pembangunan tersebut sangatlah penting karena Timor Lorosae memiliki sumber minyak sebagai cadangan devisa negara yang harus dimanfaatkan untuk pembangunan negeri itu secara nyata.

Xanana Gusmao dalam pertemuan tersebut didampingi Wakil PM, Jose Luis Gutteres, dan seluruh anggota kabinetnya. Dalam kesempatan itu, Xanana juga menyampaikan kado persahabatan bagi Sri Mulyani. (*)

Pewarta: Priyambodo RH
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011