Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan semua pihak harus mempersiapkan generasi muda untuk turut berperan dalam kebangkitan bangsa demi kedaulatan negara, karena banyak peluang yang bisa dimanfaatkan agar Indonesia segera bangkit pascapandemi.

"Banyak potensi yang bisa menjadi peluang untuk segera bangkit. Populasi generasi muda kita cukup besar, berpotensi menjadi penggerak di berbagai sektor yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, potensi tersebut harus segera ditindaklanjuti dengan berbagai langkah strategis agar para pemuda menjadi wirausaha muda yang tangguh untuk bisa ikut mendorong pertumbuhan perekonomian nasional.

Selain itu, lanjutnya, berbagai peluang dan kesempatan generasi muda meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya di sejumlah bidang juga harus dibuka seluas-luasnya.

"Hal itu agar generasi muda kita segera siap menjawab tantangan yang datang di masa depan di berbagai sektor," tukasnya.

Era teknologi informasi dan digitalisasi yang berkembang di dunia saat ini, tambahnya, bisa dimanfaatkan menjadi bagian dari upaya untuk mempercepat pertumbuhan di sejumlah sektor yang digerakkan kalangan muda.

Selain itu, upaya meningkatkan kreatifitas sangat diperlukan agar keterampilan yang dimiliki generasi muda mampu mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi.

"Peluang dan kesempatan untuk bangkit pascapandemi ini harus benar-benar dipersiapkan dan dimanfaatkan, dengan segera dan terukur agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang tangguh dan berdaya saing tinggi," ujar Lestari.

Menurutnya, dengan hanya memenangi setiap persaingan, maka kedaulatan bangsa Indonesia akan tetap terjaga dan tegak berdiri di antara bangsa-bangsa di dunia.

 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2022