Jakarta (ANTARA News) - Operator seluler PT Telkomsel memberangkatkan 1.000 orang pelanggan untuk mudik gratis menggunakan moda transportasi kereta api.

"Program mudik Telkomsel Siaga gratis ini merupakan apresiasi perusahaan kepada pelanggan sekaligus sinergi Telkomsel dengan BUMN transportasi PT Kereta Api Indonesia," kata Vice President Jabodetabek-Jabar Telkomsel Venusiana Papasi, usai memberangkat pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis.

Menurut Venusiana, pemudik diberangkatkan dengan tujuan akhir Surabaya yang diangkut dengan 136 gerbong kereta eksekutif Agro Anggrek, Bima, dan Sembrani.

Adapun jalur pemudik melalui dua jalur utama yakni jalur utara (Agro Anggrek dan Sembrani) melalui Pekalongan, Semarang dan Surabay. Sedangkan Jalur Selatan (Agro Anggrek dan Bima) melewati Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun, Kertosono, Jombang dan Surabaya.

Ia menambahkan, mudik Telkomsel Siaga pada 2011 memberangkatkan sebanyak 5.000 pelanggan yang diangkut dengan lima moda transportasi yaitu kereta api, kapal laut, bus, mobil dan pesawat udara.

Mudik melalui kapal laut Telkomsel memberangkatkan 2.000 pelanggan yaitu dengan rute Makassar-Tanjung Perak Surabaya (Kapal Laboar 600 orang), rute Belawan-Batam (KM Kelud, 700 orang), Ambon-Bau Bau Sulawesi Selatan (KM Dobonsolo, 350 orang), Sampit-Palangkaraya-Tanjung Emas Semarang (KM Lawit, 350 orang).

"Telkomsel menjadi satu-satunya operator seluler yang melayani pemudik di wilayah perairan Indonesia yang dilengkapi sarana telekomunikasi pada 15 kapal milik Pelni," kata Venusiana.

Selain itu juga diberangkatkan 100 pemudik menggunakan mobil yang bekerjasama dengan agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota, Daihatsu, dan Nissan.

Sedangkan pemudik gratis dengan angkutan bus mencapai 1.000 orang.

Sementara pemudik gratis melalui pesawat udara Garuda Indonesia diberangkatkan sebanyak 600 orang dengan rute Jakarta-Padang, Jakarta-Surabaya, dan Jakarta-Makassar.
(T.R017/B008)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011